Sabtu, 06 Juli 2013

ToT PENGEMBANGAN GURU TIK

Untuk kesekian kalinya sebagai seorang guru, saya dituntut untuk menjadi lebih profesional. Walau dalam keadaan libur saya masih di serahkan tugas untuk mengikuti Tim Training of Trainer (ToT) Pengembangan Guru TIK Tingkat Provinsi Tahun 2013. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada tanggal 5 Juli 2013 tepatnya hari jumat dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang dari guru SD/s/d guru SMA dengan bermacam guru bidang studi.
Pembukaan acara ini dibuka oleh Bapak Drs. Jasmat sebagai wakil dari Baltekkomdik Kepri dengan pembawa acara Hayatinah Br Samosir, S.kom sebagai salah satu nara sumber yang baru kembali dari Provinsi megikuti pelatihan yang serupa.
Acara pembuka berjalan dengan singkat, dengan sedikit kata-kata motivasi dari Drs Jasmat yang memperkenalkan serba sedikit  BALTEKKOMDIK KEPRI yang diharapkan dapat menciptakan guru-guru yang tidak hanya mengajar di dalam kelas tetapi juga bisa mengajar di dunia maya yang akhir-akhir sering dikunjungi anak-anak. Sebagai salah satu cara provinsi kepri untuk lebih memajukkan dunia pendidikan khususnya di Kepri.
Pagi ke esokkan harinya, jam 08.00 tepat kami memulai lagi pelatihan dengan nara sumber mengenalkan situs dengan nama rumah belajar yang akan kami pelajari dalam beberapa hari pelatihan ini. Masih banyak dari peserta yang tidak mengenal apa itu situs rumah belajar, tapi dengan sabar nara sumber menjelaskan sambil mempraktekkan cara untuk mendaftar atau istilah kerennya regestrasi.  Sepintas lalu sama seperti mau mendaftar email atau membuat situ facabook tapi hal yang menarik mungkin situs rumah belajar ini akan lebih meningkatkan daya kreatifitas guru yang mungkin cendrung jenuh dg cara belajar di dalam kelas.
Dalam situ rumah belajar sebagai seorang guru kita mungkin mendapatkan sensasi tersendiri yang mungkin meningkatkan rasa profesionalitas kita sebagai guru. Dalam situs rumah belajar kita juga dituntut untuk membuat rpp dengan mengisi kolom-kolom yang tersedia sehingga membuat modul ajar sampai dengan membuat latihan dan daftar nilai.
Mungkin hal ini akan menjadi alternatif sebagai guru untuk lebih mengembangkan lagi profesionalitas kita sebagai guru. Sampai dengan hari kedua jam 14.30 kami masih mencoba-coba untuk membuat perangkat belajar yang menarik untuk rumah belajar kita. Saya berharap sampai dengan akhir materi untuk hari ini saya masih mendapatkan sensasi tersendiri dengan mengikuti pelatihan ini.
Selamat berjumpa lagi dengan sambungan tulisan mengenai pelatihan saya ini, semoga artikel singkat ini dapat menjadi sensasi tersendiri untuk yang membacanya. Wasallam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar