Jumat, 17 Juli 2020

In House Tranning Kita

Hari ini sesuai dengan pengumuman dari Staf Kurikulum Ibu Darniawati S.Pd, kami semua guru SMA Negeri 2 Karimun akan mengadakan IHT untuk menggunakan beberapa aplikasi dalam pembelajaran masa Covid - 19. IHT akan dilaksanakan pukul 09.00 Wib di labor Fisika dan Matematika SMA Negeri 2 Karimun.

Nara sumber kami dalam IHT kali ini adalah Staf kurikulum ibu Darniawaty, S.Pd. Dengan materi WA Web dan Googgle Form. Materi yang mudah belum tentu mudah untuk semua orang, tidak semua guru bisa menggunakan WhatsApp  Web untuk membuat grup WhatsApp dan google form ini. 

Untuk guru - guru muda tentu WhatsApp Web dan Googgle form sudah terbiasa sementara untuk sekolah kami sudah banyak guru - gurunya yang berusia di atas 45 tahun yang belum familiar dengan WhatsApp Web dan Googgle Form.   

Pemakaian WhatsApp sudah biasa tapi WhatsApp Web mungkin hanya beberapa guru saja, begitu juga dengan membuat grup untuk keperluan tertentu. Dan terbukti, hari ini materi pertama membuka WhatsApp dengan WhatsApp Web masih banyak yang tidak bisa, sehingga harus dipandu oleh ibu Darniawati dan beberapa guru muda yang sudah biasa menggunakan WhatsApp Web. 

Langkah awal dari membuat WhatsApp grup adalah membuka WhatsApp pada handphone kemudian klik titik tiga yang ada di kiri atas WhatsApp maka akan tampil beberapa kata - kata salah satunya adalah WhatsApp Web. Klik WhatsApp Web. dan pada saat yang bersamaan kita juga membuka laptop dengan membukan google atau mozila dan tuliskan WhatsApp Web pada laptop, selanjutkany klik pada kalimat WhatsApp Web sehingga timbul barkot. Arahkan WhatsApp Web pada hanphone ke barkot yang tertera pada Laptop sampai terrekam WhatsApp Webnya.

Selanjutkan tampilan pada laptop akan sama seperti WA pada handphone, sekarang kita bisa menggunakan  WA ada laptop. (Sekadar mengingatkan kembali kepada Sahabat Tek, cara membuat grup WhatsApp sangatlah mudah. Cukup tekan simbol titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih New Group. Tahapan selanjutnya, anda hanya perlu memberi nama grup dan gambar untuk ikon group. Dan jadilah grup WhatsApp baru. ). Pastikan semua kontak ada pada handphone anda untuk memudahkan membuat group WhatsApp.

Materi selanjutnya adalah Googgle Form, untuk membuat googgle form kita harus masuk ke akun google jika kita sudah punya akun google tingal mengklik 9 titik pada akun google yang berada di sebelah kanan atas laptop dan akan muncul gambar dari beberapa. Klik gambar yang ada tulisan Drive. Alhamdullilah sebagai guru yang duluan mengetahui cara menggunakan google form tentu IHT hari ini bisa membantu teman - teman guru yang membutuhkan ilmunya. Berbagi juga merupakan kebahagian tersendiri. 

Sukses untuk kami semua, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Semoga IHT untuk menghadapai masa Covit - 19 ini menyadarkan kita bahawa IT bukan sesuatu yang luar biasa untuk guru, tapi merupakan satu hal yang harus dipahami sehingga memudahkan lagi kerja mengajar kita. Salam sukses untuk kita semua. (AZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Terkurung dalam Kelam

 Titik cahayaku t'lah hilang Kemanapun aku mencari tak kutemukan Aku sesak dalam gelapnya sekitar Semakin sesak semakin gelap kelam yang...