Sabtu, 27 Februari 2016

Motivasi Diri

Siswaku semuanya sebelum pembelajaran hari ini kita mulai, masihkah kalian semua mengingat betapa pentingnya uang bagi kita semua. Jika terlalu boros kita dalam menggunakannya maka akan terjadi inflasi atau sebaliknya masalah uang akan menyebabkan deflasi. Sering kali diawal pembelajaran kita memancing keingin tahuan siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat mereka akan tertarik dengan materi yang akan  kita ajarkan. 


Apakah sebagai pemdidik kita, benar-benar tahu pertanyaa diawal pembelajaran adalah berupa motivasi atau hanya sebuah pertanyaan biasa yang tidak memberikan makna pembelajaran itu sendiri. Akhrinya timbul pertanyaan apa itu motivasi menurut kamus bahasa indonesia arti dari kata motivasi adalah dorongan yang timbul dari diri seseorang secara sadar untuk melakukan tindakkan dengan tujuan tertentu. ( Kamus bahasa indonesia penerbit balai pustaka hal 666). Melihat arti dari motivasi yang tercantum dalam kamus bahasa indonesia, maka kita sebagai pendidik harus jeli memberikan motivasi sesuai dengan materi yang akan kita ajarkan sehingga menimbulkan minat siswa untuk lebih mengerti materi yang akan diajarkan.

Motivasi bukan hanya sekedar mengingatkan saja tapi bisa juga kita tanamkan dalam perbuatan sehari-hari, sehingga manfaatnya akan lebih terasa. Tanamkan kepada siswa-siswi kita bahawa materi yang kita ajarkan mempunyai makna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya materi uang berikan motivasi kepada mereka bahwa uang merupakan alat untuk memenuhi kebutuhan hidup tapi bukan berarti tidak punya uang mereka akan mati, disinilah peran motivasi akan terlaksanakan. Berikan pengertian bahwa uang memang untuk memenuhi kebutuhan hidup misalnya untuk membeli peralatan sekolah seperti pena, buku, tipex serta keperluan sekolah lainnya. Jadi uang mereka terima benar-benar dipergunakan untuk kebutuhan sekolah. dan berikan juga motivasi bahawa kebutuhan hidup disesuaiakan dengan keadaan dan situasi. Misalnya Hp atau baranb-barang lain diluar kebutuhan sekolah mereka, sehingga motivasi yang benar yang kita berikan akan memberikan tindakan lanjut dalam kehidupan merekal akhirnya nanti.

Mudah-mudahan sebagai seorang pendidik kita bisa memberikan motivasi yang benar sehingga siswa-siswi kita bisa menerapkan apa yang kita berikan sekarang ini menjadi acuan mereka dikehidupan mereka dimasa yang akan datang. Amin. 

Catatan kecil ini saya, buat bukan untuk mendikte atau mengajarkan kepada pendidik yang lain, ini merupakan peringgatan untuk diri saya sendiri bagi mencari contoh-contoh motivasi yang bermanfaat bagi siswa-siswi yang saya ajar. Wasalam semoga bermanfaat untuk kita semua.Sampai jumpa lagi dicatatan kecil lainnya untuk saling mengingatkan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar