Selasa, 09 Juni 2015

Sangat Menyenangkan

Mungkin sebagai guru, hal yang paling menyenangkan bahkan mungkin membuat tersanjung adalah apabila siswa didikannya membuat sesuatu yang membuat dirinya merasa sang bangga. Ya, bangga. Bagaimana tidak bangga, yang semula diharapkan hanya perintah sederhana yang diberikan dengan harapan bisa dikerjakan saja itu sudah bangus, ternyata lebih dari itu yang dia buat. Kini, yang ditampilkan adalah sesuatu yang di luar dugaan. Dan itu pastilah sangat membanggakan.


Tidaklah berlebihan jika ini saya katakan membuat saya bangga. Dari sekolah mungkin buat saudara-saudara di daerah Jawa ini mungkin biasa-biasa saja. Ya, karena blog bukan barang baru. Di daerah Jawa sudah ada perkumpulan guru ngeblog. tapi untuk daerah di tempat saya tinggal, itu masih jauh dari bayangan.

Walau kami dikatakan dekat dengan daerah tetangga Malaysia maupun Singapura, itu bukan berarti tempat saya tinggal sudah sangat familiar dengan pembelajaran dengan menggunakan media blog. Karimun itu nama tempat saya bertempat tinggal, SMA Negeri 2 Karimun yang berada di jalan Raja Oesman, tempat saya bertugas, ini merupakan hal yang sangat luar biasa.

Sebenarnya saya adalah guru dengan kualifikasi Mata Pelajaran (MP) Ekonomi. Tapi karena kebutuhan sekolah yang tidak mempunyai guru (MP) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka dari tahun 2009 saya sudah dipercayakan untuk mengajar MP TIK.

Selama mengampu MP TIK memang tidak ada materi yang secara khusus cara membuat blog. Dan saya secara khusus juga tidak pernah memberikan pembelajaran membuat blog kepada siswa yang saya ajarkan. Saya ingat pada tahun 2011 saya pernah dipercayakan oleh sekolah untuk membina siswa untuk mengikuti lomba membuat blog yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dengan sponsor Telkomsel.

Semejak itulah, saya mulai mengajak secara tidak langsung kepada siswa saya untuk mulai familiar dengan penggunakan dunia maya untuk mengumpulkan tugas-tugas yang saya berikan baik pada MP Ekonomi sebagai mata pelajarann yang sesuai dengan ilmu yang saya miliki, apalagi pada MP TIK. Tapi karena keterbatasan layanan internet yang dimiliki oleh sekolah maupun warung-warung internet yang mungkin masih jauh dari jangkaun siswa-siswa yang saya ajar, sehingga tugas yang saya berikan akhirnya dikumpulkan dalam bentuk soft copy dikumpulkan dalam CD ataupun flasdisk.

Akhirnya pada penghujung tahun pelajaran 2014-2015, tepatnya tanggal 3 Juni 2015 seorang siswa saya Gusti Randa dari kelas X.7 yang katanya kelas dengan tingkat nilai di bawah rata-rata membuat saya bangga. Dia bersama teman satu kelompoknya : Fran, Tintania, Fhryra. mengumpulkan tugas tentang materi Bank di blog sendiri. Walau masih dengan keterbatasan yang dimiliki kelompoknya, tapi ini membuat saya bangga.          

Karena hampir 6 tahun saya selalu menghimbau siswa-siswa saya untuk menggunakan layanan internet untuk hal-hal positif akhirnya berhasil. Dan saya selalu mengingatkan siswa-siswa jangan hanya main game atau melihat sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat.

Inilah kebanggaan yang saya maksud di awal catatan saya ini. Saya begitu bangga. Siswa saya yang kata teman-teman MP lainnya mengatakan anak ini tidaklah pintar, ternyata dia mampu membuat bloig pribadinya. Yang saya tahu dialah (bersama kelompoknya) yang baru memiliki blog pribadi. Tentu saja, sebagai guru yang pernah mengampu MP TIK, saya sangat bangga dan senang sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar