Minggu, 14 Juni 2020

Matahari Abu-abu

Sudah 3 hari karimun diguyur hujan, matahari sepertinya lagi senang bersembunyi di balik gelapnya awan. Kamis sudah mulai hujan tapi masih menyisakan waktu untuk matahari bersinar dengan warna kuningnya walau hanya 2 jam pada pukul 10 sampai 12 siang. Setelah itu hujan membasahi tubuh si hari kamis sepanjang sore walau hanya berupa gerimis kecil yang malu-malu menampakkan wajahnya.

Kebiasaan kami orang melayu jika hujan pada hari jumat maka dalam seminggu ini hujan akan turun membasahi badan bumi. jumat dengan hujan lebat bersama saudaranya petir menemani bumi berazam karimun. Kebiasaan yang sudah terukur indah di minda jika hujan bersama saudaranya petir berkunjung di bumi berazam karimun, maka PLN akan mati, jika ditanya alasanya sederhana takut mesin-mesin PLN rusak jika kena petir.

Hari ini sedari pagi matahari selalu ditemani awan hitam, sehingga matahari sinarnya seperti berwarna abu-abu. Memandang jemuran hati ini sedih sekali sudah empat hari baju dijemuran belum tersentuh sinar matahari berwarna kuning keemasan. Kapankan kain jemuran ini akan kering seperti ikan asin yang sudah siap dipanen. Ingin diangkat jemuran ini masih ada bau tidak sedap akibat tidak kering, mau dibiarkan sudah empat hari dijemuran, sementara masih ada kain baru tadi pagi dicuci untuk dijemurkan. Wahai matahari abu-abu berikan sinar kuningmu cukup dua jam untuk mengeringkan baju cucianku. berharap padamu wahai matahari abu-abu. (AZ)

15 komentar:

  1. Di Bekasi mah panas terus pool Bun..
    Salam kenal bunda...

    BalasHapus
  2. Salam kenal ,karimun jumat sabtu hujan lebat bun. Hari dari pagi mendung

    BalasHapus
  3. Semoga mataharinya stabil bunda, tulisannya keren.

    BalasHapus
  4. Kapuas sore ini juga hujan. Awalnya bagus. Akhirnya jemuran he he tapi nda apa2 krn kita menulis apa yg mau ditulis ia kan bu. Bagus bu kalimat2nya puitis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata Nara sumber terus menulis, bukan tidak mensyukuri nikmat Allah berupa hujan. Hanya menjadi hujan ide untuk menulis.

      Hapus
  5. semoga hujan membawa berkah...........salam literasi

    BalasHapus
  6. Subang dah beberapa hari ini panasnya asli Bu

    BalasHapus
  7. Ternyata hujan masih merata...wlw tdk tiap hari...d rumah siang ke sore juga hujan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bu, inilah nikmat Allah jadi bisa ditulis.

      Hapus
  8. Sdh mampir Ibu...sudilah kiranya singgah di gubukku..

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Pantun Sendiri

 Lama tak mengasah ilmu pantu, semoga berkenan untuk membacanya I. Dilarang keluar waktu magrib Saat magrib tidak boleh berdendang Dud...