Sabtu, 13 Juni 2020

Wordpress Punya Cerita Bersama Mr. Bams

Kuliah Online bersama PGRI dan Om Jay
Pertemuan ke Enam
Hari/Tgl :Jumat / 11 Juni 2020
Nara sumber Bpk Bapak Purwanto
Materi malam ini Kisah Guru Ngeblog di Wordpress.


Malam ini kami mendengarkan audio suara dari nara sumber, " Terima kasih yang terhormat Om Jay mentor kita semua digrup belajar menulis PGRI dan juga yang terhormat Ibu Fatimah sebagai moderator. Dan juga guru-guru dan insan pendidik di Indonesia yang bergabung dalam grup menulis dari gelombang 1 sampai gelombang 12.
Malam ini merasa  malam paling bahagia karena kita bisa berkumpul di ruang ini tanpa harus bertatap wajah tapi dekat dihati. 
Merasa tersanjung dan juga merasa tertantang untuk bicara diruangan ini, dimana ruangan ini banyak penulis hebat, mengapa saya bilang penulis hebat karena semuanya sudah berani menulis di blog, menulis di email dan mengirim ke Om Jay. Artinya apa , kita punya kemampuan yang luar biasa, yang tiada taranya bahwa kita bisa menginvestasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk berada diruangan ini bisa setiap hari keliling lihat blog teman bahkan kita buat tulisan diblog sendiri dan share itu adalah hal luar biasa yang kita lakukan bersama diruangan ini.
Hari ini saya akan berbagi pengalaman saja bukan merasa lebih hebat tapi ketika diberikan kesempatan ini oleh Om Jay sehingga saya harus memberikan kesempatan yang terbaik buat teman- teman diruangan ini. Hari ini saya akan bicara tentang kisah sebagai guru kemudian mengelola webpress dan ini yang akan kita share Suara nara sumber yang bersumber dari audio yang dikirimnya. 
Kemudian kami diminta untuk berselancar ke link yang diberikan untuk melihat-lihat youtube. Karena materi malam ini adalah kisah kata nara sumber, nara sumber menceritakan kisah kelahirannya.
Saya dilahirkan sebagai orang yang kurang berani. Maka Allah mengantarkan teman didalam perut ibu , jadi saya tidak sendirian. Kami lahir normal, saat mau keluar saya bermain hompimpah siapa yang keluar duluan. Saya pun memainkan kedua tanganku sehingga saya menjadi kalah. Saya dorong agar kakak peremuanpu bisa keluar duluan.....
maka keluarlah duluan,Kini saya sendirian, tanganku, kusimpan rapat seperti orang mau sholat, ternyata kakiku yang keluar duluan. saya pun lahir bersama tangisan bahagia. seperti mendengarkan nara sumber berdogeng saja membaca kisah kelahirannya.
Malam ini kami seperti mendengarkan dogeng nara sumber berkisah tentang kisah hidupnya setelah di lahirkan.
Malam ini saya bercerita sebagai Guru. Perjalanan panjang menjadi seorang guru. Saya masih ingat saat mau lulus SMA tahun 1992 saya main ke daerah LEdeng Bandung, tempat IKIP berasa (saat ini) UPI..Saya daftar ke PGSD tahun 1992 akan tetapi ternyata saya tidak masuk, malah temanku yang ikut-ikutan masuk PGSD, Keluar SMA saya tidak melanjutkan, saya ikut kursus Komputer di Bandung selama 3 bulan, setiap hari. Sebelum lulus dari tempat kursus Komputer pun saya sudah bekerja disebuah Konsultan. Banyak kisah yang dikisahkan oleh nara sumber, beberapa prestasi yang sudah di raih nara sumber.

Begitu juga dengan buku yang sudah ditulis oleh nara sumber


Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannyaBermodal mau maka akan menjadi bisa.
Semoga pengalaman yang saya sampaikan hanya setetes embun dipagi hari. Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun.

Tempat mengajar SMP Taruna Bakti sebagai Koordinator Tim Literasi, Koordinator Tim Daring, Pengelola Taman Bacaan di TBM AS Lebakwangi sebagai pegiat literasi masyarakat, Pendongeng Tetap di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kab Bandung.

Beberapa pertanyaan dari kelompok 12 yang bisa menjadi referensi untuk saya, sehigga saya merasa wajib menyimpan dalam catatan ini.
Sesi Pertanyaan 
  1. Mardiyanto dari SMPN 3 Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah Gel.12. Saya lama punya beberapa blog, tetapi tiap saya membuka blog cendrung lebih suka mengeksplor tampilan blog daripada menulis, apalagi kalau pakai blogger templetnya bisa kita otak- atik bebas. Yang ingin saya tanyakan bagaimanakah kiat-kiatnya agar kita folus menulis di blog daripada mengotak-atik tampilan blog? Jawaban : Pak Mardiyanto yang saya hormati. Ya orang memang selalu tergoda dengan penampilan, sehigga seringnya otak-atik. Sarannya : Berdamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis. Seminggu sekali kah? Dua hari sekali kah? Atau setiap hari. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intesitas menulisnya.
  2. Asalamualaikum wr wb, salam kenal Mr. Bams, luar biasa kisah yand disampaikan oleh bapak. Saya Titin Sumartini dari Subang, izin bertanya. 1. Biasa berapa hari/bulan seseorang mulai mahir dalam ngeblog (membutuhkan berapa hari jika pelatihan. 2. Dari ngeblog bisa menjadi nilai rupia, blog yang seperti apa yang bisa menjadi nilai rupiah. 3. Kendala kami malas ngeblog salah satunya belum begitu mahir menguasai IT, adakah solusi dari Mr. Bas? Jawaban : Bu Titin yang sedang berbahagia, 1. Di kelas saya ada yang satu hari sudah bisa, bila hanya dasar (a) membuat blog, (b) belajar posting 2 hari. 2. Ini memang tergantung rezeki kalau menurut saya, berdasarkan pengalaman blognya pena mr. brams.is lahir senang membahagiakan yang lain. Jika kita melakukan kebaikan, maka akan datang kebaikan. Buat saya yang real adalah saat bisa mengajar blog, maka blog saya menghasilkan. 3. Malas ngeblog ganti kalimatnya saya sedang berjuang membuat blog, maka saya akan lakukan. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihaan hanya orang yang mau berlatih.
  3. Nama Siti Nurlatifah, SDN Hegarmanah Kab. Maaf yang saya tanyakan, bagaimanakah cara memblog kita menjadi ramai pengunjung dan bisa di lirik pleh pembaca. Yang akhirnya bisa menjadi seorang bloger. Karena saya pribadi belum begitu faham tentang manfaat blog itu sendiri. Yang ssaya tahu hanya sebatas tempat mengoreskan pena pengganti kertas kemudian dipublis.  Mohon penjelasannya, supaya kami lebih semangat. Jawaban : Ibu Siti yang berbahagia. Cara blog ramai dikunjungi antara lain : 1. Bergabung dengan komunitas (seperti gurp menulis ini. 2. Sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG. 3. Rajin berkunjung ke blog yang lain. 4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain. Manfaat blog : 1. Sederhanya blog bisa menyimpan tulisan kita, tetapi bisa dibaca oleh orang banyak, beda kalau tulisan disimpan di laptop, komputer bahkan buku. 2. Melatih menulis, jadi terbiasa menulis. 3. Membangun kepercayaan diri melalui tulisan.
  4. Assakamualaikum saya Edi Syahputra dari Aceh, ingin menanyakan kepada nara sumber : 1. Apa saja kisah guru Ngeblog di WordPress? 2. Bagaimana cara untuk menjadi guru blogger? jawaban : Bapak Edi yang luar biasa, 1. Kisah guru Ngeblok di Wordpress adalah pengalaman-pegalaman selama membuat blog. Pengalaman bagaimana mengajarkan peserta kelas blog, membutuhkan kesabaran luar biasa. Membalas chat japri saat membuka kelas blog itu membuat keringat dingi, rasanya lega apabila bisa terselesaikan. Saat blog digunakan oleh Sekolah saat pandemi covid-19 daring smptarunabakti.wordpress.com. 2. Menjadi guru bloggerr, buatlah blogger dari sekarang, kemudian belajar menulis, bapak posting dan saat itu bapak sudah menjadi guru blogger(maksudnya guru yang menggunakan dan memanfaatkan blog)
  5. Sri Budiarti, Kota Bantul, Yogya, Gel-12. Mr bisa dijelaskan secara singkat bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan rupiah? Jawaban : Ibu Sri yang bijaksana, blog menghasilkan rupaih, yang termudah ibu misalnya punya keahlian atau punya barang, ibu promosikan di blog tersebut, kemudian alamt blog tersebut ibu sebarluarkan. Di blog itu kalau ibu jual makanan, ada gambar makanannya, ada hargana, ada cara pesanya. Bila punya keahlian mengajarkan tari, ibu posting tentang tari ada videonya. kemudaian promosikan. selamat mencoba, semoga berhasil.
  6. Assalamualaikum saya Siti Nurbaya AZ, SE Karimun, Kepri. Pak, saya dengar ada blog berbayar dan ada blog gratis. Apa bedanya?Gelombang 12, wassallam. Jawaban : Ibu Siti Nurbaya yang berbahagia. Blog berbayar ada, biasanya lebih ke fasilitanya berbeda. Pilihan blog berbayar karena ingin terlihat penampilanya berbeda, ya ngak gratisan. Tapi bagi kita guru, optimalkan saja yang ada, tidak harus pilih berbayar. Kecuali memang ingin menaikkan kelas, dulu saya di wordpress namanya bepanamrbams.wordpress.co (namanya panjang) saat saya pakai web maka nama bisa yang kita inginkan. penamrbrams.id(bedakan). Tetapi saya masih menggunakan wordpress saat untuk mengelola penamrbams.id.
  7. Ass. Pak Bambang, saya Hengki Rumere dari Mukomuko, Bengkulu. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena saya bisa membuat blog mengikuti petunjuk Mr Bram, apa motivasi utama Mr. Bram dalam menulis diblog, kemudian apa yang dapat kita lakukan agar pembaca mengunjugi blog kita, terima kasin. Jawaban : Walaikumsalam wr,wb. Pak Hengki yang saya hormati. Motivasi menulis di blog adalah melatih kebiasaan menulis dan membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk orang lain. Menarik pembaca, membangun blog memang tidak mudah, yang kita lakukan sudah benar yaitu adanya komunitas, Makanya di penamrbram,id sengaja ada kumpulan link blog (blogspot, wordpress, web blog) tujuanya agar bisa saling berkunjung, maka silaturahim terus dibangun. Bila kita seorang guru, buatlah materi dan tugas di blog kia, maka pasti banyak pengunjkung ke blog kita. Kemudian tulislaj tidak hanya materi dan tugas. Akan tetapi yang lainya kita tuliskan, agar menjaring pembaca. Tetap semangat, tapi saran saya adalah menulislah untuk membahagiakan yang lain, maka kebahagian akan datang tak tertahankan.
  8. Assalamualaikumm, luar biasa pengalaman Mr.Bams ini, Saya Noorlanyati dari Semarang. Saya mau bertanya 1. Bagaimana Mr. Bams membangun ide/ceerita supaya setiap kali mendongeng ada sesuatu yang baru yang bisa diceritakan?2.Bagaimana mengelola taman bacaan, buku-bukunya dari mana, apakah dari pribadi/bantuan, lalu apakah yang berkunjung juga dikenakan biaya. Terima kasih. Jawabaan : Bu Noor yang sedang berbahagia, selamat ulang tahun, sehat selalu dan semakin sukses. 1. Rajin baca buku, sering memperhatikan yang lagi ramai dibicarakan apa saja. 2. Mengelola Taman Baca adalah hobi kami sekeluarga kepada buku, meskipun awalnya isteri tidk begitu setuju. Ada pekerjaan tambahan di rumah, tapi lama-lama senang juga. Apalagi isteri sekarang sudah 4 tahun tidak bekejra dan mengelola Taman Baca, ketemu anak-anak setiap hari. Buku dari teman, sahabat, jejaring di komunitas, dll.
  9. Ibu Ika, gel 12, karena saya pemula dalam blog, apakah ada kejahatan terselubung yang bisa menuju blog kita? atau singkat kata, amankan tulisan-tulisan/data-data kita di blog. Jawaban : Ibu ika yang saya hormati, bila tulisan kita suda ada di blog, ikhlaskanlah, karena bila sudah dipublis, tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi kita sebagai blogger yang baik, bila mengambil sumber yang lain sebaiknya link/URL nya disebutkan juga, sebagai penghargaan kepada pemiliknya atau penulisnya. Menabung yang baik adalah dengan memberi.
  10. M.H Pahdi Banjarmasin gel.12. Melihat perkembangan medsos sekarang, bagaimana rivalitas anatara Blog Vs Vlog? Kalau dulu memang blog sempat mengalami kejayaan. Tapi saat ini vlog/youtube yang dominan. Anak-anak bahkan ada yang punya cita-cita youtuber. Hampir gak pernah dengar cita-cita jadi blogger? Mohon tanggapan. Jawaban : Ya pergeserannya memang luar biasa. Vlog lebih ramai, akan tetapi karena kita guru, ada pesan yang harus tetap tersampaikan kepada generasi selanjutnya. Bahwa menulis tak akan tergantikan, semua dari menulis.Vlog tentunya ada keatornya, dan ada skenario yang dtulis. Tanggapannya jalan saja, kalau memang kita berminat menjadi vlogger di youtube itu juga silahkan Om Jay sudah memulai di youtube.
Seperti tidak mau lepas dari dogeng kisah pertemuan malam ini dengan nara sumber kami, tapi setiap pertemuan pasti harus diakhiri. Tapi saya yakin kami semua para peserta kelas menulis ini merasakan motivasi yang besar seperti yang saya rasakan, terlebih lagi setelah membaca komen dari nara sumber berupa kesimpulan pertemuan malam ini:
  • Sebagai guru tantangan saai ini sangat luar biasa, membaiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis di blog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
  • Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target, akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.
  • Beerbagilah kebaikan dengan cara apapu, termasuk media blog.
  • Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembagnkan.

Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jamaan.
Salam Bahagia
Mr.Bams
penamrbams.id
Mari ayo tenang dalam urusan hidup, himbaun yang sangat menyejukkan hati dari nara sumber melalui audio terakhir untuk pertemuan malam ini.(AZ)

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih atas motivasi dan tunjuk ajarnya Om Jay

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sama dengan tulisan ibu, buat referensi kita bersama.

      Hapus
  3. Alhamdulillah, terima kasih bu atas motivasinya dan bimbingannya.

    BalasHapus
  4. keren...lanjut berkarya..ditunggu krisannya di https://gemarita.blogspot.com/2020/06/resume-ke-6-malam-kemarin-pelatihan.html tirmakasih

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Pantun Sendiri

 Lama tak mengasah ilmu pantu, semoga berkenan untuk membacanya I. Dilarang keluar waktu magrib Saat magrib tidak boleh berdendang Dud...