Kamis, 04 Juni 2020

Mari Menerbitkan Buku dari Penelitian Tindakan Kelas

Menerbitkan buku dari hasil Penelitan Tindakan Kelas
Nara Sumber Ibu Hati Nurahayu (Editor dan Pengiat Literasi) dari Bandung.
Moderator Ibu Fatimah dari Aceh.
Pertemuan kedua Rabu, 03 Juni 2020. Masih dengan pelatihan menulis gelombang 12.
selalu antusias mengikuti pelatihan menulis lewat WA ini, selesai absen sudah duduk di depan laptop dengan WA WEB.
Dengan sopan dan rendah hati nara sumber menyapa kami, dadakan ni Om Jay minta jadi nara sumber. komen pertama yang ditulisnya. kemudian mulailah nara sumber menuliskan narasi dari materi kami malam ini. Kami peserta wajib literasi jangan sampai ada informasi yang tertinggal, ini penting menurutku. Membaca satu persatu komen yang ditulis nara sumber dengan seksama, sebagai PNS aku berharap suatu saat bisa membuat PTK ku sendiri. Beberapa sumber mengatakan pengembangan makalah yang kita buat bisa menjadi PTK, karena sampai saat ini aku hanya baru membuat beberapa makalah tentang pembelajaranku di dalam kelas.
Semua guru pastinya mau membuat PTK, terutama yang diwajibkan menulis biasanya bagi ANS untuk memenuhi naik pangkat golongan tertentu.  Susah susah gampang dalam menyusun  atau menentukan latar belakang  untuk membuat  PTK. Modal  atau titik awal  yang menentukan  PTK dapat dilakukan adalah kemauan untuk menulis itu sendiri, susah susah gampang tapi tidak menjadi penghalang untuk membuat PTK. Seperti kata Nara sumber besar kita Om Jay tulislah setiap hari mudah - mudahan dari makalah yang sudah ku buat bisa ku kembangkan menjadi PTK. Inshaallah.

Buku - buku atas adalah hasil dari kerja keras nara sumber semuanya adalah berupa PTK yang dijadikan buku. Aku mau hebat seperti Om Jay dan Ibu HHati Nurahayu serta Ibu Fatimah aceh yang begitu padat kegiatanyan masih bisa menghasil sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.
Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. saya menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya saya tidak menerbitkan asal langsung  cetak hasil PTK. tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk dibaca, juga menarik.Bagaimana caranya?.. ini versi saya  akan saya bagikan,lalu bagaimana saya membukukannnya, bisa menjadi 2 versi. Ini adalah komen yang di tulis ibu Hati, dalam memotivasi kami peserta menulis hari ini sederhana tapi mengena ke hati saya. Inshaallah PTK jadi sasaran saya yang akan saya bukukan.

Sesi pertanyaan, sesi yang ditunggu bagi kami para peserta yang ingin mengali materi secara lebih teliti, semoga pertanyaan dan jawaban memberikan pencerahan kepada para pembaca blog saya ini.
1. Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin
Apakah PTK yang dijadikan buku bisa bisa dari 2 orang guru yg bersama2 saat mlakukan PTK? Saat liat di panduan itu PTK sepertinya hanya sbagai pelengkap dalam Buku (sbg contoh saja). Apakah demikian? berapa lembar minimal halaman yang diperlukan utk dapat dijadikan buku?
trimakasih
Jawaban
Boleh  dua orang. kan buku beda lagi nilainya dengan PTK. kita mengembangkan  dari isi PTK kita lebih  ke versi buku seperti yang saya share filenya.   tidak masalah. tetapi kalau dalam pembagian angka kredit yang saya tahu. kalau  yang menulis bukunya berdua pastinya dibagi dua untuk PAK.
Amannya 70 halaman.  dan isi materi bahasan  lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK

2. Assalamualaikum bu hati. Senang sekali bisa kenal dengan sosok editor handal yg sudah menyunting beberapa ptk menjadi buku. Pertanyaan saya,
Bagaimana cara ibu bisa menjadi editor handal dan bisa membuat tulisan menjadi menarik untuk dibaca? apalagi dari ptk bisa berubah menjadi buku. keren sekali bu. Sukses terus ya bu.  AAM NURHASANAH, LEBAK-BANTEN
Jawaban :
terimakasih bu, saya masih belajar hanya membantu guru menerbitkan bukunya. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, saya banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca.
juga menyediakan bacaan sumber lain. karena editor juga harus banyak membaca buku sumber relevan.
setiap buku bervariasi tentunya. ada yang sederhana menjadi luarbiasa dari PTK.
tergantung isi kontennPTK yang dibuat guru, dan kliknya ide kita mengembangkan.
Tetapi karena semakin banyak guru yang ingin dibantu mengubah PTK, saat ini saya menyerahkan kepenulis mengubah terlebih dahulu agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.

3. Bagaimama langkah2 yg harus dilakukan  untuk membuat Buku Dr ptk
Jawaban:
Ada di trik buku me

4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Fatlun Thaib
Dari Gorontalo
1. Seberapa perlu pra siklus dalam PTK?

2. Boleh saran; selain membuat resume materi apa bisa di bagikan tema tulisan. Agar peserta makin fokus menulis
Jawaban :
wa'alaikumussalam bu..terkamakasih..
1. saat saya menerima Researc Grant Seaqis... PTK  kita  bila satu siklus berhasil gpp.. kata Profesor penguji PTK saya tahun 2017 kan ada rencana kita persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil.
dan PTK  fokus ke inti  permasalahan, misalkan tentang ke karakter,  atau misal ke pemahaman. jangan  banyak   indikator ..

misal  meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar... tapi fokus ke salah satu,  ke keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga refleksi.

no 2 saya kurang paham😄🙏

5. perkenalkan supyanto dari kota bekasi group 8.
mohon penjelasan bagian2 mana saja dari batang tubuh ptk yang dibuang, dan bagian mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat  menjadi sebuah buku?
Jawaban :
Terimakasih pak supyanto, salam kenal juga. yang dibuang yang bagian misalnya
1. pendahuluan..bagian kata kata PTKnya...
2. bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan  judul implementasi Media  stearofom  pembelajaran  Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas
kita kembangkan  tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis),  Pembelajaran (materi tentang  belajar mengajar),  Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)
Kita upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas  terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide  dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang dia dapat.
semakin literatnya penulis  akan semakin oke buku yang dia tulis.
Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis

6. Assalamualaikum selamat malam Bu hati,,saya noralia dari Semarang.
1. Dari outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya Bu?
2. Data2 dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan ke dalam versi buku?
3. Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah buku ibu?
Mohon penjelasannya . terimakasih
Jawaban :
1. versi buku ke 2 itu  PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang saya contohkan. itu pernah ditulis oleh Omjay dan  saya juga.
2. data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah bu.
3. R&D juga bisa banget,  yang tadi dikembangkan itu bu.

7. Assalamualaikum
Bu Hati saya Santi Jayapura
Mau bertanya
1.Untuk PTK yg dijadikan buku, itu satu PTK saja atau harus kumpulan PTK?
2. Apakah satu best Praktice juga bisa dijadikan buku
3. Untuk dibuat jadi buku apakah harus diseminarkan?
4. Sekarang sdh pembelajaran K 13
Saya punya PTK tapi tahun sebelum K13 dan perrnah jd juara di even My Teacher My Hero
Apakah boleh dibuat buku?
Terimakasih
Jawaban :
wa'alaikumussalam bu Santi:
1.kalau mau membuat versi penulisan  1 cara saya satu PTK saja. kalau mau versi dua bisa beri contoh PTK satu atau lebih. banyaknjuga yg menulis Kumpulan PTK. biasanya saya menuliskan pembuka dannisi materi sepintas tentang PTK.
2.satu best bisa jadi buku. sangat bisa  dan dikembangkan oleh penulis juga.
3. tidak usah diseminarkan  tidak apa apa .
4. bisa banget
terimakasih bu

8. Assalamualaikum
Saya eka lisdianty dari SMAN 1 Kawali Ciamis
Izin bertanya
1.Bu kan dalam ptk itu ada 3 siklus ya..bagaimana jiga di siklus akhir hasilnya mengalami penurunan?apakah PTK nya harus diulang atau itu juga bisa disebut dengan PTK?
2. Apa kah ada yang salah dalam penentuan variabel nya apabila terjadi hal demikian?
Terimakasih🙏
Jawaban :
wa'alaikumussalam. terimakasih bu, Eka:
1. kalau siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir menurun  lakukan refleksi dan tindakan lagi bu.
2. Variabelnya jangan terlalu banyak.bisa aja kita tidak berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu.  fokus satu  variabel dan mendalam pembahasannya bu. itulah namanya PTK.
maaf PTK saya yang di share  itu banyak variabel.  hanya contoh penyusunan saja

9. Om Swastyastu Bu. Saya Mahayu dari Bali. Saya meminta saran, bagaimana caranya agar kita menerapkan suatu teori yang akan kita jadikan PTK menjadi efektif? Karena karakter belajar dan psikologi siswa dalam satu kelas sangat beragam? Terima kasih
Jawaban :
Ibu cari bahasannya maubkarakter apa ke psikologi? salah satu saja bu

10. Assalamu 'alaikum bu hati,
Saya wiji (gelombang 8) - malang
Menarik sekali membuat ptk menjadi buku. Selama ini saya hanya berfikir hasil ptk dijadikan artikel jurnal.
Pertanyaan saya, dibagian buku yang manakah hasil2 penelitian ditulis (dimunculkan) ?
Terima kasih
Jawaban :
 wa'alaikumussalam.. terimakasih bu wiji..
Bagian  yang diberikan tindakan, atau kata kunci PTK ibu.

11. Muh. Said
Makassar
Pertanyaan :
1. Dalam penilaian Dupak sering PTK tidak dapat nilai dari Tim penilai. Dari pengalaman ibu apa kira- kira kekurangan sebzah PTK ?
2. Jelaskan perbedaan PTK dgn Best Practice !
Jawaban :
terimakasih pak Said
1. sebzah itu apa... PTK kalau buku harus  berbeda dari buku, kalau PTK  mungkin ikuti  sesuai peraturan di daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau buat naik pangkat.
2. PTK dan best pract  sangat berbeda.
PTK ada  alur penelitian serangkaian observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak berhasil
best pract pengalaman terbaik dinkelas dengan sistematika tertentu yang lebih simpel.
laporan PTK dapat dijadikan best Practice, nmaun laporan best Pract  tidak dapat dijadikan PTK. itu menurut saya

12. Selamat malam ibu Hati.
PTK yang telah dibuat, ketika akan di buat jadi buku, apakah dilakukan daur ulang pada kalimat-kalimat yang digunakan atau hanya dipermak pada sejumlah bagian? Kira-kira caranya seperti apa mengolah kalimat PTK menjadi kalimat buku?
Tks. Yulius Roma_Tana Toraja_Gel.8.
Jawaban :
berpikir dulu bu..maaf saya masih belajar
hehhemenjawab hanya oengalaman saja

13. Dalam PTK kan dituliskan hasil penelitian (bab 3).
Pada versi 1 dan 2 ptk menjadi buku sepertinya tdk ada bab yg menjelaskan ttg hasil penelitian tsb.
Lalu pada buku hasil penelitian ditulis dimana?
Terima kasih
 Jawaban :
bisa dijelaskan di bagian ..misalnya bagian ke 6.. Pelaksanaan di kelas. atau aplikasi di kelas.

14. Assalamualikum buk Hati
Saya Rasita dari Bengkulu
Pertanyaan saya apakah kata siklus dalam PTK atau PTS apabila kita rubah menjadi buku harus kita hilangkan
Jawaban :
Wa'alaikumussalam bu Rasita.
 tak usah dihilangkan.. kan itu  bagian di penerapan atau aplikasi nya, ga apa apa.menurut saya
pastinya versi susunan diubah, dan ada pengembangan materi darinkata kunci.. penerapan atau bukti pelaksanaan pasti diperlukan bagaimana nya dalam materi yg kita lakukan.

15. Selamat malam Ibu
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Apakah PTK beberapa tahun lalu yang sudah pernah diajukan dalam PAK bisa dibuat buku ?
jawaban :
wa'alaikumussalam. bisa bu, walau tahu  2012. karena  PTK kita insyaallah  bisa memberi manfaat kepada pembaca.  apalagi bila dibukukan. bisa masuk dalam daftar pustaka buku penulis lain.  double manfaat

16. Pertanyaan utk bu Hati.
Apa benar..utk PTK.. harus lebih dari satu variabel yg diteliti... trims.
Jawaban :
menurut yang saya terima , satu variabel. dari penguji  PTK saya. jangan banyak variabel
PTK itu fokus pada tindakan masalah... satu jenis variabel saja dan mendlaam lebih  mengena .

17. Lilis Erna Yulianti, SMPN 1 Kertajati Majalengka, Gelombang 12 : Bu, bagaimana cara ibu bisa mengedit buku PTK yg bahasanya formal sehingga bisa enak dan renyah disajikan pada pembaca?
Jawaban :
terimaaksih bu Lilis,  supaya enak dibaca, pastinya kita banyak membaca buku karya orang lain. karena akan memperbanyak kosa kata kita dalam menulis.
ketika menulis PTK menjadi buku cari sumber yang relevan sesuai buku yang kita buat, ikuti kata otak kita  ide brilian kita pasti bertambah.

18. Assalamualaikum ibuk moderator, saya edi Syahputra.H dari Aceh ingin menanyakan kepada narasumber :
1. bagaimana langkah langkah mengubah laporan PTK menjadi buku
 Jawaban :
wa'alaikumussalam  pak Edi.. file pdf sudah saya sebar tadi  pak, boleh dibaca ya, itu versi saya, mengubah PTK menjadi buku🙏🙏

19. Saya ibu Titin Sumartini dari Subang Jawa Barat
Saya belum pernah membuat PTK  namun saya sering membaca PTK orang lain.
Pertanyaan saya:
1.Apakah perlu PTK itu untuk di buku kan?
2.Kesulitan apa yg paling signifikan dalam membuat PTK?
Terimakasih🙏☺️
Jawaban :
wa'alaikumussalam,
1. kalau untuk double manfaat publikasi  buat jadi sumber buku ya perlu, tergantung keinginan penulis saja..
2. kesulitan  tergantung , biasanya yang saya temukan  dalam instrumen atau indikator  dari tindakan.
menurut saya blm ada yg sulit, tergantung penulisnya. jadi buat saja  PTK sederhana yang menjadi permasalahan  kita. Jangan mempersulit dari masalah yangg ada dikelas dalam mencari solusinya.
yang sederhana misal anak telat datang.  kiat cari bagaimana agar anak tepat waktu, indikator  dicari dari materi yang relevan sesuai dengan masalahbyang kita ingin selesaikan.
zaman sekarang kita mudah sekali mencari informasi kita bisa dapatkan di google .

20. Mhn ijin moderator  bertsnya bagaimana dengan best practice jika dijadikan Buku Om Jay..mhn pjlsan dan diberikn contoh nya best practice ibu  nara sumber..trims  pak I Nengah Suradnya dari SMPN 1 Banjarangkan Klungkung Bali
Jawaban :
mudah...tinggal dikembangkan  menjadi bagian bagiannbahasan seperti yang saya contohkan , kalau mau boleh membeli bukunya kesaya dari penulis guru nasional yang lolos best practice yg saya bukukan .  terimakasih ya

21. Terimakasih materinya bu Heti. Saya ingin bertanya, adakah trik khusus menulis buku hasil ptk agar tidak membosankan ketika di baca?
-dhevi dari yogyakarta
Oya tambahan, ptk apakah bisa kolaborasi 2 guru? Mohon pencerahan. Jika bisa apakah bisa guru serumpun? Misal guru biologi kolaborasi dengan guru fisika.
Trimakasih bu.
Apa yang menjadi kelebihan dari menulis buku terlebih dulu baru menulis ptk. Dibanding dengan menulis ptk dulu baru Menulis buku.
🙏🙏
Jawaban :
Triknya ,  sesuai  kata kunci, cara membawakannya bahasa komunikasi,  jangan ngayayai atau meluas, tapi sesuai  judul  inti ptk. perbanyak literasi dari sumber buku yang relevan  dengan PTK kita. cari buku yang menyajikan materi pendidikan yang luwes, insyaallah kita  mempunyai gaya sendiri kedepannya.
saya membuat bukubptk gabung dengan pak Maulid guru bahasa inggris. Penerbit Mayor biasanya ingin yang variatif berbagai mapel. itu lebih oke katanya.
keduanya ada kelebihan. baiknya PTK dulu dan publikasi lalu dibukukan. lebih oke karena sudah publikasi hasil penelitian kita. apalagi kalau ada penilaian ajang nasional.
alhamdulillah PTK saya lolos ajang nasional , walau sederhana. jadi jangan takut saatvajang nasional kitabmengikuti kegiatan publikasi PTK atau best pract kita.

22. Assalamu'alaikum Wr.Wb
Saya Sangidah dari Wonosobo Jateng
1. Apakah PTK yang mau dibukukan harus disesuaikan dg keinginan penerbit jika mau dibukukan
2. Minimal harus berapa PTK untuk menjadi 1 buku?
3. Apakah PTS juga bisa dibukukan?
Mohon jawabanny, terimakasih🙏
jawaban :
wa'alaikumussalam  bu Sangidah
1. kalau ke Mayor ya sesuaikan dengan penerbit mayor, karena untuk menjual. kalau ke  penerbit  indie bisa versi penulis  biasanya penerbit indin
 juga suka gatal ingin merubah kalau salah penulisan.
2. 1 PTK
3.PTS Bisa dibukukan.

23. Assalammualaikum
Saya Eva Resna Hendawati dari Kota Cirebon

Saya pernah 3 tahun yg lalu ikut Worshop Menulis Dan mengirimkan hasil Karya Inovasi saya seperti hasil PTK, PTS dan Best Practes untuk di bukukan .Sampai sekarang tak ada kabar, Kadang saya karunya males, apa yg harus saya lakukan?
La
jawaban :
Wa'alaikumussalam bu Eva
1. jadikan satu judul saja ..
Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Eva 😆
kalau males
kalau gak males  jadi satu satu perbuku satu kti
kalau judulnya beda pasti     karya nya luarbiasa bermanfaat buat dunia pendidikan ..insyaallah

24. Ass war wab, Kalau variabelnya sama bisa dijadikan PTK dengan populasi dan sampel berbeda pada sekolah yang berbeda pula? /Damdam Efendi, SMPN 41 Bdg
Jawaban :
PTK itu berdasarkannpermasalahn kelas saja. kan setiap kelas berbeda masalah, kalau sama masalahnya,   berarti beda judul. boleh tak apa apa .
intinya kalau PTK ke satu kelas yang memerlukan tindakan. itu saja yang saya ketahui🙏
kalau beda kelas dan variabel sama berarti kadi 2 laporan PTK..gak masalah kalau mau 2 laporan.

25. Dalam menulis yg sulit adalah mencari referensi sbg daftar pustaka
Era sekarang adalah digital jadi mencarinya dg browser di internet. Apakah bisa Bu URL  dijadikan daftar pustaka.
Jawaban :
bisa, tuliskan sumbernya sesuai penulisan daftar pustaka dari URL.
Alangkah baiknya  buku,  jangan dihilangkan.

26. Selamat malam bu Hati yang baik..
Saya ibu Agathe dari Kalteng gel 12.
Kalau di PTK ada metodologi penelitian, kalau dibukukan masuk ke bagian mana bu? Kalau buku versi 1
Jawaban :
bagian khusus penerapan di kelas  bu, bisa.
misalkan ..
media ini telah dilakukan dengan melalui penelitian tindakan kelas , di sekolah...   dll.
gak apa apa bu. sebagai bukti pernah dilakukan di kelas. atau teori kita hasil penelitian juga.

27. Assalamualaikum buk,saya tanya apa itu kartu kuartet klu ndak salah tadi,dan apa dalam ptk siklus itu boleh hanya satu kali
Jawaban :
waalaikumussalam ..banyak versi bu, ada yang membolehkan sekali siklus , bila langsung berhasil. ada yang terus sampai 5 siklus kalau terus terusan tidak berhasil. pastinya sesuai dengan identifikasi kekurangan dan kelebihan setiap siklus. Dan Refleksinya apa. bila meningkat atau berhasil sudah saja tinggal disimpulkan.. kalau belum saja dicari sampai tuntas. banyak baca referensi juga biar berhasil. insyaallah pasti ada solusi trik biar berhasilnyam

28. Asalamualaikum, izin bertanya, Bu apakah jika sebuah PTK dibukukan boleh PTK yang sudah ada lalu kita upgrade?
Jawaban :
waalaikumussalam ..ikuti saja bila sudjh mengetahui tipe penilainya bu.
selama ini  saya membuat  PTK tidak untuk kenaikan pangkat,  karena guru swasta.
jadi bila untuk kepentingan naik pangkat, ikuti saja sesuai penilainya. mohon maaf kalau salah ya🙏

29. Sy Amat Misnadi dari Bandung
Apakah PGRI membuka kelas pelatihan PTK?
Apakah PTK yang akan dibukukan harus PTK yg sudah diseminarkan?
Apakah mungkin diseminarkan di forum semacam ini (daring)?
Jawaban :

30. Assalamualaikum..
Sy Dani Makhyar dr bogor...
Thn 2011 sy pernah membuat PTK  pakai kurikulum 2006. Seiring wkt, kurikulumnya berubah pakai K13.
Apa msh memungkinkan PTK sy dibukukan mengingat kurikulumnya adh berbeda?
Trm kasih
Jawaban : slaam kenal pak.saya dari Bandung, pelatihan bisa menghubungi Omjay. nanti dari IKAPI jabar  berencana mengadakan pelatihan PTK, insyaallah diinfo ya. karena kebetulan penerbit saya Anggota IKAPI.
2. PTK  yang dibukukan minimal diseminasi di sekolahnya atau MGMP boleh lah. yang penting publikasi. 
3. Bisa  mungkin ke @P Wijaya Kesuma
terimakasih ya
Pertanyaan - pertanya dari kawan - kawan peserta bisa menjadi referensi dalam membuat PTK dan inshaallah akhirnya di jadikan buku sehingga bermanfaat. 

Sayangnya pertanyaan saya tidak bisa di jawab langsung oleh nara sumber, pertanyaan saya adalah saya punya beberapa makalah tentang pembelajaran dalam kelas, bisakah makalah saya di kembangkan menjadi PTK.
Kesimpulannya dari Nara Sumber Ibu Hati Nurahayu
Agar KTI kita lebih  double manfaat, dibukukan lebih baik dan bisa dibaca oleh pendidik lainnya, daripada berbagi file PTK kita,  dibukukan memiliki ISBN  dan menjadi karya kita tak lekang oleh waktu kebermanfaatannya.
Mungkin itu yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila banyak kekurangan. Jazakhmullahu khoiron katsiron.
Terimakasih banyak , semoga bermanfaat.
wassalamu'alaikum warrohmatullahi wabarokaatuh🙏
Kesimpulan saya dalam mengikuti pelatihan menulis pertemuan kedua, menulis dan membaca bisa menghasilkan sesuatu yang berharga bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.
Hari ini mari kita selalu menulis dan membaca bergabung bersama orang hebat akan memotivasi kita menjadi hebat. (AZ)


10 komentar:

Postingan Terbaru

Pantun Sendiri

 Lama tak mengasah ilmu pantu, semoga berkenan untuk membacanya I. Dilarang keluar waktu magrib Saat magrib tidak boleh berdendang Dud...