Rabu, 01 Juli 2020

Tantangan FreeWriting, Mari kita Hadapi.

Pertemuan ke Empat Belas
Hari Rabu / Tanggal 1 Juli 2020
Kelas Menulis bersama PGRI dan Om Jay
Nara Sumber Bapak  M. Firman Suwarya M.Kom
Materi Berbagi Pengalaman dan Menerbitkan buku.
Instansi SMPN Unggulan Sindang Indramayu, Pendidikan Sarjana Teknik Informasitk STMIK TC Bandung, Pascasarjana Teknik Informatika STMIK Erasha Universitas Pamulang Tangerang Banten.

Nara sumber kita malam ini bisa dikunjungi di E-mail : firmansmuhammad@gmail.com, IG : @firmansuwarya, FB : Muhammad Firman Suwarya, Blog :gubuginformatika blogspot.com, Youtube : Youtube.cm/c/firmansuwarya.

Salam hangat dari ibu Fatimah sebagai moderator seperti malam - malam sebelumnya. Pak Firman memberikan tantangan yang menarik untuk malam ini sebagai pembuka materi kami. Kira - kira bapak ibu siap tidak  menulis 1 hari 5 lembar, jika berani konsisten menulis 5 lembar perhari saya yakin bapak/ibu akan menjadi serorang penulis yang handal dan produktif. 

Materi malam ini adalah Freewriting yaitu teknik menulis cepat tanpa hambatan, semakin penasaran dengan Freewriting. ternyata Freewriting setelah menyimak chat di WA grup adalah menulislah tanpa henti tanpa memikirkan ide pokok selagi ingat maka menulislah. setelah menulis baru kita cek dan recek apa yang kita tulis.

Seperti malam - malam sebelumnya sesi belajar di kelas belajar menulis ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dengan materi yang disampaikan oleh nara sumber sedangkan sesi ke dua adalah sesi tanya jawab. Sambil menunggu pertanyaan yang masuk, moderator kami bu Fatimah mengajukan pertanyaan pertama.
Langkah pertama yang harus kita lakukan supaya bisa freewriting kira kira apa Terimakasih
Jawaban :
Segera tulis ide yang muncul, segera tulis, dan tulis sebelum ide itu hilang.
Assalamualaikum, Saya siti Nurbaya Az, SEKarimun, Kepri. 
Pak Firman setelah menulis freewriting ternyata ada banyak ide di dalamnya. bagaimana cara menentukan ide mana yang harus di eksekusi menjadi tulisan yang enak di baca.   Terima kasih, Gelombang 12. Wassalam.
Jawaban
Walaikum salam, ide yg paling bapak ibu kenal dan kuasai. Sehingga nanti eksekusi ide akan ditulis dg hati., dan itulah kuncinya jika kita menulis dg hati biasanya akan mampu menyentuh hati pembaca.
Maaf ibu saya ira Isvandrya ijin bertanya. Saya peserta belajar menulis gel.11
Ketika kita sedang menulis dan mengalami kebuntuan. Tiba-tiba muncul ide baru, apakah ide yabg munvul ini haris kita biarakan/cuekin. Atau kita tuliskan. 
Kemudian berusaha melanjutkan tulisan terdahulu yang sedang buntu tersebut?
Jawaban :
Iya, cuekin saja, biarkan dulu, buat satu tekad, ide baru itu akan sy tulis, tapi nanti setelah tulisan kita selesai, maka dari situ kita harus benar-benar menyelesaikan tulisan itu.
Assalamu'alaikum. Luar biasa pak materinya.
Nama Saya Saharjang Pikalouhata. Asal dari Ambon.Unit Kerja Saya SD Negeri 79 Ambon.
Saya mau bertanya yang pertama Jikalau kita mengalamai freewriting saat sementara menulis Apakah kita beristirahat sejenak atau terus menulis saja. 
Khawatirnya kalau terus d pakasa nanti ada kalimat-kalimat  yang tidak nyambung.
Kedua.
Apakah tulisan sebanyak 5 lembar itu boleh di tulis dengan bahasa sederhana alias tidak memakai kata2 ilmiah. 
Ya mungkin saja diantara kami ada banyak guru yg terlahir bukan dari OKP2 yg pintar bicara dengan bahasa2 ilmiahnya.
Jawaban :
Yang pertama dulu, tulis aja terus, kalimat2 yg tidak nyambung, salah ketik, dan lain-lainnya. nanti ada pada sesi cek and ricek. atau pada saat proses editing. inget ya. Menulis dengan Editing adalah dua ilmu yang berbeda...!
Yang kedua
justru kadang tulisan yang sederhana itu biasanya terlahir dari hati tidaka neko-neko..
Assalamualaikum wr wb. Terimakasih sblmnya Pak Firman. Perkenalkan nama Sunaryo, dri Berau, peserta Gelb.11. Pertanyaan saya;
1.Freewriting adl.teknik menulis cpt tanpa hambatan, apa maksudnya ya ? Sy blm paham dg ilustrasi Bpk.
2.Modal apakah yg hrs kita punya spy kita bisa menerapkan teknik freewriting ini ?
Jawaban :
Secara sederhana Freewriting, pokoknya tulis secepat-cepatnya terhadap ide yg muncul, jangan takut salah, jangan takut keliru, takut jelek hasilnya, apalaagi takut salah ketik. pokoknya tulis dan tulis sampai habis. modalnya, ide, dan ide bisa muncul dari mana saja. kadang maaf. saya pernah membaca sebuah buku, yg hanya bercerita dan menjelaskan tentang maaf sebuah toilet..dari toilet itu terkadang bisa memunculkan ide, bisa juga ketika kita jalan naik angkutan umum. yang sesak penumpang, dll.
Saya Faiq Aminuddin Demak, Assalamualaikum wr wb, Peserta gel 2. Mau bertanya Apakah freewriting tidak akan menghasilkan tulisan yang asal jadi tapi kurang berkualitas?
Bukankah ngebut atau buru-buru itu tidak baik? Apakah freewriting sama dengan nulis secara ngebut? Terimakasih
Jawaban :
Hasil tulisan yg berkualitas atau kurang berkualitas biasanya, bisa ditentukan dari faktor ide yg muncul. jika ide yg muncul bagus dan berkualitas, lalu lanjut dengan outline yg berkulaitas, maka hasil tulisan juga akan tidak jauh dari situ, yaitu bagus dan berkualitas. Dalam prakteknya menulis berkualitas terkadang menuntuk kita agar mengikuti, mematuhi dan lain-lain sebelum tulisan itu selesai ditulis. Sehingga tulisan kita akhirnya tidak bisa kelar atau selesai, nah dengan freewriting ini akan mujarab menjawab atau solusi itu, adapun misal ada yg kurang enak, atau sekiranya kuran pas dll, nanti bisa di lanjut pada tahap editing. Cek dan ricek..

Akhirnya pertemuan ke empat belas ini ditutup dengan kesimpulan yang apik oleh pak M. Firman sebagai nara sumber Rasa bosan adalah penyakit yang sangat berbahaya melebihi covid 19 hati hati dan waspada dia menyerang dengan tiba tiba maka kita harus pupuskan dengan coba dan coba lagi
Sampai kapan kita harus mencoba maka jawabannya sampai kita sukses. Semoga dengan mengikuti pelatihan belajar menulis bersama PGRI dan Om Jay kita akan terus menulis untuk menghasilkan sesuatu buat diri sendiri dan orang lain. Terus menulis untuk mengusir rasa bosan, dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak, semoga. (AZ)

20 komentar:

  1. Terus menulis untuk mengusir rasa bosan...
    Mantap bu, kalimatnya memotivasi 🙏🙏

    BalasHapus
  2. mari kita belajar menulis bebas atau free writing bersama pakarnya

    BalasHapus
  3. Hebat ini, langsung jadi resumenya

    BalasHapus
  4. Cepat banget resumenya....😘👍

    BalasHapus
  5. Saya ingin belajar menulis melalui komentar...siapa tau ini awal dari suatu kebaikan...

    BalasHapus
  6. Tantang menulis memang banysk, kita harus berani menantangnya , itu cerita nara sumber ..mantap

    BalasHapus
  7. Bisa di coba free writting....

    BalasHapus
  8. Terimakasih resume nya. Bisa dicoba praktekkan ini.

    BalasHapus
  9. Mantul

    https://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/07/free-writing-kamu-gak-bakalan-kuat.html

    BalasHapus
  10. Bagus bu ...luar biasa ..sukses y bu

    BalasHapus
  11. Benar benar langsung terapkan freewriting. Langsung josss. Kunjungi blog https://nurainiahwan.blospot.com.

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...