Rabu, 22 Juli 2020

PTK Ku Jadi Buku

Pertemuan ke - 23
Hari Rabu / Tanggal 22 Juli 2020
Kelas Belajar Bermasa PGRI dan Om Jay
Nara Sumber Lukman Hakim, S.Pd, M,Pd
Materi PTK Jadi Buku

Literasi dulu sebelum belajar dengan membaca biodata nara sumber malam ini dapat dibaca di https:// wijayalabs. com /2020/07/19/narasumber-guru-menulis-dan-menerbitkan-buku-20-24juli-2020. 
Setelah literasi kami diajak menonton youtube untuk materi malam ini, 
Pak Lukman dalam kesehariannya adalah pengagas pengembangan diri guru, mulai dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. untuk itu saya memiliki lembaga: Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur (wadah pelatihan pengembangan diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (wadah PI dan KI). 

Sembilan Teknik untuk mengembangkan materi buku yang berasal dari PTK. PTK adalah penelitian yang praktis, dimana berlaku pada responden tertentu, kelas tertentu dan waktu tertentu. layak cetak dengan ketebalan buku 80 -90 halaman.

Sembilan teknik dalam menyusun PTK menjadi buku :
  1. Bahasa yang digunakan luwes
  2. Hindari penulisan Bab, Subbab dengan penomoran yang kaku.
  3. Bab - bab yang dikembangkan dari bab dua harus dipertajam dengan menambahkan kajian teori agar tajam. Penambahan kajian teori serta pembahasan lebih meningkatkan manfaat buku sebagai referensi
  4. Pada bagian awal, didahului dengan penjelasan uraian dalam PTK
  5. Bab empat tidak lagi berisi kesimpulan dan saran. Tetapi diarahkan pada masalah pembelajaran.
  6. Sedapatnya hindari data mentah
  7. Menyertakan foto - foto pendukung dalam pembelajaran.
  8. Daftar pustaka menyertakan daftar pustaka baru yang menjadi sumber tambahan naskah.
  9. Kelengkapan naskah agar dapat ISBN.
Sesi pertanyaan dimulai pada pukul 19.40
1 .Assalamualaikum. Saya Wiwin Wintarsih dari SMPN 2 TANJUNGSIANG Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Izin bertanya: Bisakah Pak Lukman menjelaskan bagaimana cara membuat buku catatan harian guru? Jika tidak keberatan dalam bentuk outline. Terima kasih
Jawaban:
memang beda
Bisakah Pak Lukman menjelaskan bagaimana cara membuat buku catatan harian guru? sebenarnya semua terjawab di Youtube inisaya menggagas QWS memang untuk menulis santai. Outline sederhana: pendahuluan, isi dan penutup. Pendahuluan: pengalaman menarik dalam aktivitas sebg seorang guru. Nah sdh dijawab dengan cetar tinggal tonton dan download  ya Pak. Bagian inti menjelaskan kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi. Penutup: hal2 yang dapat diambil oleh ibroh/pelajaran oleh pembaca.

2.Ijin.bertanya. Assalamualaikum Cak, gimana tips manajemen waktu antara mengajar, menulis, dan mengelola penerbitan?(Hani-Bali)
Jawaban :
Menulis bagi saya adalah bagian dari mengajar, menulis itu juga memunculkan penerbit. Semua terkoneksi antar satu dengan lainnya, sehingga semua bs berjalan beriringan. Buku IPA SMK itu muncul dari kebutuhan untuk mengjaar, saya diterima PNS, masuk tahun ajaran baru saya menggunakan LKS beli 7rban. Saya anggap LKS itu tidak layak.tahun ajaran berikutnya saya menghentikan pengguaanan LKS dan membuat buku sendiri. Lahirlah Buku IPA SMK, saya terbitkan menggunakan penerbit sendiri, yang saya buat sendiri.menulis di kelaskuonline.id juga sama. Apa yang saya alami ketika menjadi guru, saya tulis di sana sebagai tabungan

3.Izin bertanya Bunda : Ai S Dewi SMPN 1 Cibogo. Malam Pak Lukman, Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? terima kasih
Jawaban :
Seberapa jauh perbedaan membuat buku dengan e book. Syarat buku kita dibuat e book apa ya? ndak ada sih, semua buku yang saya daftarkan dalam bentuk cetak. kalo ada permintaan dari penulis untuk diebookkan saya akan ebookan.

4.Ijin bertanya. Saya Katmie dari SMAN 6 Palangka Raya.
Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku?
Apakah harus ada lembar pengesahan/validasi dari Dinas Pendidikan?Terima kasih
Jawaban :
Kalau misal membuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), apakah bisa dijadikan buku? sangat bisa, tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid. Misalkan saya di SMP mengajar IPA, maka buku pelajaran harus lengkap 3 mapel. Karena ada ISBN ber jilid. Kalo sdh diISBNkan dan diterbitkan tdk perlu. validasi dari dinas pendidikan. kalo tdk di ISBNkan, maka wajib ada pengesahana. untuk menentukan nilai AK. Sila baca buku 4 PKB.

5.Slm mlm Ibu Sri..moderator hbt, ijin mhn tanya sm bpk Lukman narsum luar biasa pernalkan saya nama I Nengah Suradnya  dari Bali, apa yang melatarbelakangi bpk mndirikan sebuah lembg pengembngn profesi guru di Jawa Timur? Dan manfaat apa yg bpk dapatkan?trimkasih
Jawaban :
aAasan ada di video ini, https://www.youtube.com/watch?v=8TN5Kc1Er3Y&t=8s
http://kelaskuonline.id/tiga-pilar-publikasi-ilmiah/

6. izin bertanya: untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? terima kasih. Bahrudin dari Rembang
Jawaban :
Untuk PTK harus minimal 80 halaman itu sudah termasuk lampiran-lampiran atau hanya bagian isi? kalo laporan PTK sesuai kebutuhan, saya pernah membuat PTK lengkap dnegan halamannya 150 halaman. Kalo PTKjadi BUKU minimal 80 halaman kalo di delta pustaka agar punggung bukunya kelihatan. 

7.Assalamualaikum. Ijin bertanya untuk materi malam ini ya Bun. Saya Kartini, gel 12 dari Bekasi
Saya sudah punya beberapa PTK, namun saya masih blm pede dgn PTK saya tersebut, dan PTK itu sudah saya gunakan untuk kenaikan pangkat saya. Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa PTK tersebut dijadikan buku ? Demikian pertanyaan dari saya, terimakasih
Jawaban :
Sangat bisa

8.Ass war wab, perkenalkan saya Damdam Efendi dari SMPN 41 Bandung, ijin bertanya Pak Lukman:
1. Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku?
2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda? Terima kasih, Wassallam.
Jawaban :
Ada pada youtube pertama nara sumber

9. Nama sy sofina. Depok. Bagaimana caranya  unt menerbitkan bk cepat selesai, sementara kondisi sy satu sisi sy sambil belajar menulis di grup ini. Satu sisi sy jg buat media pembajaran kreatif. Satu sisi sy jg masih mengajar. Rasanya ini mau pecah kepala. Semua mau diselesaikan tp kepala cuma satu,mana yg didahulukan?
Jawaban :
apa yang dilakukan oleh bunda sofi adalah keperluan pembelajara. Media digunakan untuk pembelajaran, buku (mungkin) unutk mendukung pembelajaran. Semua bisa dilakukan bersamaan. Jika dipaksa memnbagi waktu, gunakan waktu luang saat tdk mengajar untuk menyempatkan diri menulis atau membuat media. Buat prioritas apa yang ingin diselesaikan dulu

10.Assalamualaikum Wr Wb, Siti Nurbaya AZ, SMAN Karimun, Kepri .
Mohon petunjuk untuk karya inovatif yang berisnb, contoh seperti antologi puisi yang dibuat oleh guru yang bukan guru bahasa. angka kreditnya berapa? wassallam
Jawaban :
Mohon petunjuk untuk karya inovatif yang berisnb, contoh seperti antologi puisi yang dibuat oleh guru yang bukan guru bahasa. angka kreditnya berapa? wassallam Karya INovatif  boleh dibuat oleh siapa saja, tidak harus guru bahasa yang mampu membuat puisi. Saya pernah membuat tantangan 1hari1puisi. Ternyata puisi orang matematika lebh bagus. Angka kredit untuk karya inovatif dibagi 2. sedrhana dan kompleks, kompleks 4. Sederhena 2, lihat buku 4 PKB.

11. Assalamualaikum, Pak Lukman Hakim sy bu sri gel. 12, izin bertanya ya, : 
Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya,  terima kasih atas penjelasannya.
Jawaban :
Pak kalau quick writing jadi sebuah buku itu menulisnya harus runtut anar bab atau beda bab beda tema / judulnya? tidak ada ketentuan seperti itu.QWS itu saya konsep bebas, namun jika ingin dibagi beberapa tema akan jauh lbh memudah Bisa dilihat ebook buku saya Guru 4.0.

12. Dari Ika Fiitriyati, bunda kanjeng, ijin bertanya tuk pak lukman. 
1. brp lama proses dr mengirin naskah ptk tuk dijadikan buku di penerbit Anda?
2. bgmn jg dg buku2 yg lain, selain ptk?
3. prosedurnya bgmn?
Jawaban :
1 bulan: layout 1 hari...cetak 2 minggu, http://kelaskuonline.id/penerbit-delta-pustaka/. Kirim naskah, saya data, edit silang. Saya edit penulis juga edit.

13: Izin bertanya Cak. Mohon berkenan berbagi tips PTK pembelajaran daring (Syamsuddin, SMP Al-Qur'an Bogor), Kenapa jarang guru bahasa yang bisa nulis bagus? Menulis itu masalah rasa, pak syam ,masalah rasa tidak akan dipengaruhi oleh latar belakang, saya orang fisika ,tidak ada background bahasa sama seklai, saya punya kekhasan, menulis santai dan serius. 
Jawaban :
adalah menulis santai dan kadang menulis serius
siapapun yang belajar menulis, menulis dan menulism maka dia akan menemukan gaya menulis, ATM lah. mencontoh kemudian menemukan rasa diri sendiri. begitu pak syam. Genre tulisan saya: cerita nyata dan buku2 serius. Saya lemah dalam hal sastra, cerpen dan puisi, saya tidak mahir.

14.Tulisan Cak Lukman tidak hanya ringan untuk dibaca tetapi berkarakter dan mengajarkan kehati-hatian. pertanyaan saya,  apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  (HAMDANI - KEPRI)
Jawaban :
apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalo saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya
Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. Buku saya Guru 4.0 itu buku campur2. Silahkan teman2 menilai isi bukunya. Saya tulis dengan bahasa yang apa adanya.

15.Selamat malam Lukman
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ? Terima kasih
Jawaban :
Maaf kalau sebelumnya agak keluar tema. Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana saya harus mengirimkan jurnal itu ? 
Sebenarnya di buku 4 tidak ada ketentuan seperti. berafiliasi maksdnya adalah bermitra bestari dengan perguruan tinggi. Kalo bu aning berkenan, saya ada jurnal. Bila dipadang layak, bisa kirim tulisan artikel

16.Seproni Bandung, mohon dikirim buku/ebook sekengkspnya tentang pedomam PTK
TRIMS.
Jawaban :
Mohon dikirim buku/ebook sekengkspnya tentang pedomam PTK? kalo bukunya belum selesai saya buat. bisa dipelajari di video.

Menulis adalah passion dan rasa. Semua bisa dipelajari. Menulsi apapun itu. Jangan pernah berhenti belajar menulis. Semua penulis hebat selalu diawali dengan penulis pemula. Jika anda sudah menjadi penulis pemula, maka akan ada kemungkinan menjadi penulis hebat.

Penulis hebat lahir dari penulis pemula, yang rajin menulis setiap hari dengan tanpa berfikir siapa yang akan membaca bukunya. Menulis dan terus menulis, maka akan ada keajaiban dari tulisan kita. Paling tidak tulisan kita akan menjadi jejak kita setelah tiada. Selamat menulis untuk kita semua. (AZ)

35 komentar:

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah terus belajar dari teman - teman hebat di kelas belajar menulis.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih sudah bisa bergabung dengan om jay dan peserta hebat seluruh nusantara.

      Hapus
  3. Mantap buk dengan ini saya jadj paham

    BalasHapus
  4. Mantap buk dengan ini saya jdi paham

    BalasHapus
  5. Fadil sedikit kurang memahami
    Tapi resume ny baguss

    BalasHapus
  6. Mantap buk lengakap saya jadi paham

    BalasHapus
  7. Resume nya bgs buk,saya jdi paham

    BalasHapus
  8. Sedikit paham buk,tapi kenapa tidak semua jawaban dijawab buk,dah harus nonton dulu?

    BalasHapus
  9. Saya sedikit paham buk,tapi resume nya bgus

    BalasHapus
  10. Resume nya bagus,sedikit mudah di pahami, dan tidak bertele-tele dalam penyampaiannya

    BalasHapus
  11. Kurang paham buk,tpi remusenya mantap

    BalasHapus
  12. Saya sedikit kurang paham buk, tapi resume nya bagus

    BalasHapus
  13. Setelah membaca semua pertanyaan dan jawaban dari pak lukman, saya jadi mau membukukan cerita saya yang saya rilis di wattpad(aplikasi cerpen) insyaallah kalo sudah siap

    BalasHapus
  14. Terimakasih buk, jdi saya agak phm buk

    BalasHapus
  15. Setelah membaca pertanyaan pertanyaan saya jadi lebih paham bagaimana cara me manage waktu

    BalasHapus
  16. Leksana Abdur Hakki24 Juli 2020 pukul 10.18

    setelah membaca pertanyaan pertanyaan di atas,saya bisa belajar dari jawaban yang di berikan dari pak lukman dan resumenya bagus

    BalasHapus
  17. Setelah membaca dan memahami pertanyaam diatas saya kurang paham dan resume nya bagus

    BalasHapus
  18. Setelah membaca pertanyaan pertanyaan sedikit paham dan resume nya bagus

    BalasHapus
  19. Setelah membaca pertanyaan pertanyaan saya sedikit paham dan mengerti dari jawaban pak lukman,dan juga resume nya bagus

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Setelah saya membaca ini kalimat nya senang di pahami untuk literasi Dan bagus

    BalasHapus
  22. Setelah saya membaca ini kalimat nya senang di pahami untuk literasi Dan bagus

    BalasHapus
  23. Setelah saya baca dan saya sedikit memahami,,,resumnya sangat bagus

    BalasHapus
  24. Mantp tapi sedikit kurang memahami

    BalasHapus
  25. Saya dapat memahami dari kalimat yang diberikan, resumenya bagus

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...