Kamis, 30 Juli 2020

Puasa Arafah

Hari ini dua tahun yang lalu bertepatan dengan tanggal 9 Zulhijah, hari ini bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2020. Sudah dari jam 01.30 waktu Arab. Kami semua jamaah calon haji seluruh dunia mempersiapkan diri untuk melaksanakan wajib haji dengan melaksanakan ibadah di Arafah.

Satu hari sebelum tanggal 8 zulhijah kami sudah diingatkan oleh Tim TPHI Indonesia supaya bangun jam 01.30 dan mempersiapkan diri dengan membawa baju secukupkan selama Armuna (Arafah, Musdhalifah dan Mina) jangan sampai ada perlengkapan yang tertinggal. Yang paling penting adalah menjaga stamina karena puncak haji akan banyak memakan tenaga.

Seperti di komando mata ini terbuka sendiri, apalagi sudah mendengar suara – suara ribut di luar kamar maktap. Mandi bergantian bersama teman sekamar yang berjumlah 4 orang. Setelah berpakaian lengkap, menenteng tas jinjing yang sudah dipersiapan kami berjalan keluar kamar dan menuju lift dan berkumpul di lobi maktap.

Kami selalu diingatkan untuk menghapal bis yang akan menghantar kami ke Arafah dan tidak lupa juga pintu masuk ke arafah. Walaupun ada pembimbing, bukan berarti kami harus menggagap enteng informasi bis dan pintu masuk tenda Arafah. Hari ini seluruh umat berkumpul pasti ada saja kejadian yang memungkin kita tersesat di sana, untuk itu kita selalu diingatkan untuk menghafal no bis dan pintu masuk agar tetap bersama – sama kelompok kita.

Hari ini, berita sore tadi mengabarkan bahwa tahun ini masih ada jamaah calon haji yang akan melaksanakan Armuna lengkap dengan protocol kesehatan yang sudah ditetapkan. Walaupun orang pilihan yang hanya bisa menjalankan haji ini juga bukti kebesaran sang maha pencipta, seperti haji akhbar. Haji tahun ini juga special, karena hanya orang – orang terpilih yang bisa melaksanakannya, pasti ada rahasia disebalik ini. Sebagai manusia yang percaya akan keagungan kita harus mensyukuri apapun  yang sudah menjadi ketentuanya.

Hari ini, dua tahun yang lalu tidak diwajibkan atas orang yang akan melaksanakan wukuf di Arafah untuk berpuasa. Hari ini untuk mengingat masa itu, kita berpuasa untuk mendapatkan berkahnya. Semoga semua jamah calon haji seluruh dunia bersabar dengan keadaan ini, semua pasti ada hikmahnya. Bersama adalah jalan terbaik, tak dapat melaksanakan haji tahun ini, kita tutup dengan puasa Arafah semoga kita semua masih bisa mendapatkan pahalanya dari Allah SWT. (AZ)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...