RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2
Karimun
Ma
:ta Pelajaran :
Ekonomi/Akuntansi
Kelas
/ Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Akuntansi
Sebagai Sisterm Informasi
A. KOMPETENSI INTI :
- K I Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- K 2 Mengahayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanjung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, damai) santun, responsip dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagaian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- K 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengatahuan, teknologi, seni, budaya, dan homuria dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomina dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan, prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- K 4 Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta
didik diharapkan dapat :
- Mengidentifikasi akuntansi sebagai siste informasi melalui studi literature
- mengklarifikasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
- mengolah data dan informasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
- Menganalisis tentang akuntansi sebagai sistem informasi
- menyimpulkan tentang akuntansi sebagai sistem informasi
- menyajikan, mempresentasikan hasil penalaran tentang akuntansi sebagai sistem informasi melalui media tulisan.
D. MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
- MEDIA (worksheet, lembar kerja siswa, LKS)
- ALA/BAHAN (Spidol, papan tulis, laptop, OHP)
- SUMBER BELAJAR ( Buku paket Ekonomi Kelas XII Cempaka Putih
E. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN :
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan :
· Memperhatikan
kebersihan kelas dan sekitarnya
· Salam dan berdoa
· Menyanyikan lagu
Indonesia Raya
· Literasi 15 menit
(jika mengajar pada jam pertama)
· Mengaitkan materi/kegiatana pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk
mengingatkan dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
· Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh
dengan mempelajari sejarah akuntansi, pengertian, dan manfaat akuntansi dan
pemakai informasi akuntansi.
|
15 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
§
Kegiatan literasi :
- Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membanca, dan menuliskannya kembali. Mereka diberikan tanyangan
dan bahan bacaan terkait materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan
pemakai informasi akuntansi.
§
Critical Thinking :
- Guru memberikan kesempatan untuk mengindetifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai
informasi akuntansi
§
Collaboration :
-
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempersentasikan ulang dan
Saling bertukar iinformasi mengenai sejarah akuntansi, pengertian, manfaat,
dan pemakai informasi akuntansi.
§
Communication “
- Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan.
§
Creativity :
-
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tetang hal –
hal yang terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi
akuntansi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal – hal yang belum dipahami.
|
110 Menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup :
§
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal –
hal yang telah dipelajari terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan
pemakai informasi akuntansi.
§
Guru membuat rangkuman pelajaran tentang point – point
penting yang muncul dalam pembelajaran hari ini.
§
Guru meminta siswa untuk menyanyikan lagu Nasional
(jika mengajar di jam terakhir)
§
Guru mengajak siswa untuk berdoa (jika mengajar di jam
terakhir)
§
Guru mengucapkan salam.
|
10 Menit
|
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
No
|
Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Penilaian Kognitif
|
Tes tertulis :
-
Pilihan ganda
-
Essay
Tes Lisan
-
Pertanyaan pretest
-
Observasi terhadap diskusi.
|
2.
|
Penilaian
Psykomotor
|
Berupa penilaian
unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian fortofolio
|
3.
|
Penilaian Sikap
|
Penilaian sikap
jujur, kerjasama, kooperatif.
|
Mengetahui
|
Karimun, Juli 2020
|
Kepala SMA Negeri 2
Karimun
|
Guru Mata Pelajaran
|
Drs. SUGIARTO, MM
|
Hj.
SITI NURBAYA AZ, SE
|
Pembina
|
Penata TK.1
|
NIP. 19660723
199412 1 001
|
NIP. 19710730
200604 2 017
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar