Jumat, 10 Juli 2020

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMA Negeri 2 Karimun
Ma :ta Pelajaran                   : Ekonomi/Akuntansi
Kelas / Semester                  : XII / Ganjil
Materi Pokok                        : Akuntansi Sebagai Sisterm Informasi
Alokasi Waktu                       : 180 Menit
A. KOMPETENSI INTI :
  • K I  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  • K 2 Mengahayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanjung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, damai) santun, responsip dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagaian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • K 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingin tahunya tentang ilmu pengatahuan, teknologi, seni, budaya, dan homuria dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomina dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan, prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • K 4 Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR :
    Mendiskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN


Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :
  •  Mengidentifikasi akuntansi sebagai siste informasi melalui studi literature
  • mengklarifikasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
  • mengolah data dan informasi tentang akuntansi sebagai sistem informasi
  • Menganalisis tentang akuntansi sebagai sistem informasi
  • menyimpulkan tentang akuntansi sebagai sistem informasi
  • menyajikan, mempresentasikan hasil penalaran tentang akuntansi sebagai sistem informasi melalui media tulisan.
D. MEDIA, ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
  • MEDIA (worksheet, lembar kerja siswa, LKS)
  • ALA/BAHAN  (Spidol, papan tulis, laptop, OHP)
  • SUMBER BELAJAR ( Buku paket Ekonomi Kelas XII Cempaka Putih
E. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Kegiatan Pendahuluan :
            ·      Memperhatikan kebersihan kelas dan sekitarnya
            ·      Salam dan berdoa
            ·      Menyanyikan lagu Indonesia Raya
            ·      Literasi 15 menit (jika mengajar pada jam pertama)
·    Mengaitkan materi/kegiatana pembelajaran yang akan dilakukan dengan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingatkan dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
· Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh dengan mempelajari sejarah akuntansi, pengertian, dan manfaat akuntansi dan pemakai informasi akuntansi.
15 Menit
2.
Kegiatan Inti :
§  Kegiatan literasi :
-    Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membanca, dan menuliskannya kembali. Mereka diberikan tanyangan dan bahan bacaan terkait materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi.
§  Critical Thinking :
- Guru memberikan kesempatan untuk mengindetifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi
§  Collaboration :
-       Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempersentasikan ulang dan Saling bertukar iinformasi mengenai sejarah akuntansi, pengertian, manfaat, dan pemakai informasi akuntansi.
§  Communication “
-      Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.
§  Creativity :
-       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tetang hal – hal yang terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal – hal yang belum dipahami.
110 Menit
3.
Kegiatan Penutup :
§  Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal – hal yang telah dipelajari terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi.
§  Guru membuat rangkuman pelajaran tentang point – point penting yang muncul dalam pembelajaran hari ini.
§  Guru meminta siswa untuk menyanyikan lagu Nasional (jika mengajar di jam terakhir)
§  Guru mengajak siswa untuk berdoa (jika mengajar di jam terakhir)
§  Guru mengucapkan salam.
10 Menit

 F. PENILAIAN HASIL BELAJAR

No
Penilaian
Keterangan
1.
Penilaian Kognitif
Tes tertulis :
-     Pilihan ganda
-     Essay
Tes Lisan
-     Pertanyaan pretest
-     Observasi terhadap diskusi.
2.
Penilaian Psykomotor
Berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian fortofolio
3.
Penilaian Sikap
Penilaian sikap jujur, kerjasama, kooperatif.



Mengetahui 
Karimun,  Juli 2020
Kepala SMA Negeri 2 Karimun
Guru Mata Pelajaran





Drs. SUGIARTO, MM
Hj. SITI NURBAYA AZ, SE
Pembina
Penata TK.1
NIP. 19660723 199412 1 001
NIP. 19710730 200604 2 017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Membuka Minda dengan Mengikuti Sinkronisasi Pemetaan Pendidik

 Undangan dari chat WA dari Ka. TU Ibu Melda Ponggoh untuk mengikuti sinkronisasi Perhitungan dan Pemetaan Pendidik pada Jenjang Menengah da...