Jumat, 10 Juli 2020

RPP 202-/2021


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                 : SMA Negeri 2 Karimun
Mata Pelajaran                      : Ekonomi/Akuntansi
Kelas / Semester                  : XII / Ganjil
Materi Pokok                         : Akuntansi Sebagai Sisterm Informasi
Alokasi Waktu                      : 180 Meni
   

 Tujuan Pembelajaran : 
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :
Ø  Mengidentifkasi akuntansi sebagai siswtem informasi melalui studi literature
Ø  Mengklarifikasi tentang akuntansi sebagai system informasi 
Ø  Mengolah data dan informasi tentang akuntansi sebagai system informasi 
Ø  Menganalisis tentang akuntansi sebagai system informasi 
Ø  Menyimpulkan tentang akuntansi sebagai system informasi 
Ø  Menyajikan mempresentasikan hasil penalaran tentang akuntansi sebagai system infomasi melalui media tulisan.


B       B. Media / alat, Bahan dan Sumber Belajar.
         Media              : worksheet atau lembar kerja siswa, lembar penilaian
         Alat / Bahan    : spidol, papan tulis, laptop dan infokus
         Sumber Belajar : Buku Ekonomi siswa kelas XII Cempaka Putih.

C.            C. Langkah – langkah Pembelajaran ‘
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Kegiatan Pendahuluan :
·      Memperhatikan kebersihan kelas dan sekitarnya
·      Salam dan berdoa
·      Menyanyikan lagu Indonesia Raya
·      Literasi 15 menit (jika mengajar pada jam pertama)
·     Mengaitkan materi/kegiatana pembelajaran yang akan dilakukan dengan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingatkan dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
·     Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh dengan mempelajari sejarah akuntansi, pengertian, dan manfaat akuntansi dan pemakai informasi akuntansi.
15 Menit
2.
Kegiatan Inti :
§  Kegiatan literasi :
-       Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membanca, dan menuliskannya kembali. Mereka diberikan tanyangan dan bahan bacaan terkait materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi.
§  Critical Thinking :
-       Guru memberikan kesempatan untuk mengindetifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi
§  Collaboration :
-       Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempersentasikan ulang dan Saling bertukar iinformasi mengenai sejarah akuntansi, pengertian, manfaat, dan pemakai informasi akuntansi.
§  Communication “
-       Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.
§  Creativity :
-       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tetang hal – hal yang terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal – hal yang belum dipahami.
110 Menit
3.
Kegiatan Penutup :
§  Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal – hal yang telah dipelajari terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi akuntansi.
§  Guru membuat rangkuman pelajaran tentang point – point penting yang muncul dalam pembelajaran hari ini.
§  Guru meminta siswa untuk menyanyikan lagu Nasional (jika mengajar di jam terakhir)
§  Guru mengajak siswa untuk berdoa (jika mengajar di jam terakhir)
§  Guru mengucapkan salam.
10 Menit

D           D.  Penilaian Hasil Belajar.
No
Penilaian
Keterangan
1.
Penilaian Kognitif
Tes tertulis :
-     Pilihan ganda
-     Essay
Tes Lisan
-     Pertanyaan pretest
-     Observasi terhadap diskusi.
2.
Penilaian Psykomotor
Berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian fortofolio
3.
Penilaian Sikap
Penilaian sikap jujur, kerjasama, kooperatif.

Mengetahui 
Karimun,  Juli 2020
Kepala SMA Negeri 2 Karimun
Guru Mata Pelajaran





Drs. SUGIARTO, MM
Hj. SITI NURBAYA AZ, SE
Pembina
Penata TK.1
NIP. 19660723 199412 1 001
NIP. 19710730 200604 2 017


 Terus belajar selagi napas masih di kandung badan, menulis dan membaca harga mati untuk seorang Guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...