RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2
Karimun
Mata Pelajaran :
Ekonomi/Akuntansi
Kelas
/ Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Akuntansi
Sebagai Sisterm Informasi
Alokasi
Waktu : 180 Meni
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta
didik diharapkan dapat :
Ø Mengidentifkasi
akuntansi sebagai siswtem informasi melalui studi literatureØ Mengklarifikasi tentang akuntansi sebagai system informasi
Ø Mengolah data dan informasi tentang akuntansi sebagai system informasi
Ø Menganalisis tentang akuntansi sebagai system informasi
Ø Menyimpulkan tentang akuntansi sebagai system informasi
Ø Menyajikan mempresentasikan hasil penalaran tentang akuntansi sebagai system infomasi melalui media tulisan.
B B. Media
/ alat, Bahan dan Sumber Belajar.
Media :
worksheet atau lembar kerja siswa, lembar penilaian
Alat / Bahan :
spidol, papan tulis, laptop dan infokus
Sumber
Belajar : Buku Ekonomi siswa kelas XII
Cempaka Putih.
C. C. Langkah
– langkah Pembelajaran ‘
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Kegiatan
Pendahuluan :
· Memperhatikan
kebersihan kelas dan sekitarnya
· Salam dan berdoa
· Menyanyikan lagu
Indonesia Raya
· Literasi 15 menit
(jika mengajar pada jam pertama)
·
Mengaitkan materi/kegiatana pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk
mengingatkan dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
·
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh
dengan mempelajari sejarah akuntansi, pengertian, dan manfaat akuntansi dan
pemakai informasi akuntansi.
|
15 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
§
Kegiatan literasi :
-
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membanca, dan menuliskannya kembali. Mereka diberikan
tanyangan dan bahan bacaan terkait materi sejarah akuntansi, pengertian,
manfaat dan pemakai informasi akuntansi.
§
Critical Thinking :
-
Guru memberikan kesempatan untuk mengindetifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai
informasi akuntansi
§
Collaboration :
-
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempersentasikan ulang dan
Saling bertukar iinformasi mengenai sejarah akuntansi, pengertian, manfaat,
dan pemakai informasi akuntansi.
§
Communication “
-
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan.
§
Creativity :
-
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tetang hal –
hal yang terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan pemakai informasi
akuntansi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali
hal – hal yang belum dipahami.
|
110 Menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup :
§
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal –
hal yang telah dipelajari terkait sejarah akuntansi, pengertian, manfaat dan
pemakai informasi akuntansi.
§
Guru membuat rangkuman pelajaran tentang point – point
penting yang muncul dalam pembelajaran hari ini.
§
Guru meminta siswa untuk menyanyikan lagu Nasional
(jika mengajar di jam terakhir)
§
Guru mengajak siswa untuk berdoa (jika mengajar di jam
terakhir)
§
Guru mengucapkan salam.
|
10 Menit
|
D D.
Penilaian
Hasil Belajar.
No
|
Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Penilaian Kognitif
|
Tes tertulis :
-
Pilihan ganda
-
Essay
Tes Lisan
-
Pertanyaan pretest
-
Observasi terhadap diskusi.
|
2.
|
Penilaian
Psykomotor
|
Berupa penilaian
unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk, dan penilaian fortofolio
|
3.
|
Penilaian Sikap
|
Penilaian sikap
jujur, kerjasama, kooperatif.
|
Mengetahui
|
Karimun, Juli 2020
|
Kepala SMA Negeri 2
Karimun
|
Guru Mata Pelajaran
|
Drs. SUGIARTO, MM
|
Hj.
SITI NURBAYA AZ, SE
|
Pembina
|
Penata TK.1
|
NIP. 19660723
199412 1 001
|
NIP. 19710730
200604 2 017
|
Terus belajar selagi napas masih di kandung badan, menulis dan membaca harga mati untuk seorang Guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar