Selasa, 02 Juni 2020

Belajar Dari Blogger Terkenal Untuk Memotivasi Diri


Akhirnya hari yang ditunggu - tunggu datang juga, setelah beberapa hari hanya menjadi pembaca setia  dari whatsApp grup Belajar Menulis Gel 12  yang akan aku ikuti intinya jangan sampai tertinggal informasi penting. Jam 18.46 aku sudah mengisi absen, duduk di depan laptop membuka Wa Web. Jam 19.00 aku sudah memandang layar laptopku guna mengikuti pelatihan menulis buku.
Gambar buku yang menjadi materi pertama kami untuk pertemuan pertama ini. Buku - buku ini merupakan hasil kerja keras penulis dan sekaligus sebagai nara sumber dari pelatihan ini.


Empat buku ini merupakan buku yang ditulis dalam jangka waktu yang berbeda - beda. begitu banyak catatan yang harus saya ambil dalam kelas menulis online ini seperti kata nara sumber banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku memerlukan waktu yang tidak sebentar. oleh kerana itu saya menulis setiap hari di blog. Dengan begitu saya bisa membuat buku  dari hasil menulis di blog. Sangat menarik dengan mencicil tulisan di blog kita akan menghasilkan buku terima kasih atas informasi yang sangat berharga ini Om Jay.

Pertanyaanya sekarang ini, bisakah saya dalam waktu tertentu menghasilkan buku seperti yang dilakukan oleh nara sumber kami Om Jay. Sekadar informasi. Buku catatan harian seorang guru blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh pak sukarno yang menjadi editornya.  

Buku keterampilan menulis siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat ptk ini omjay mendapatkan laptop baru dan uang jutaan rupiah. Hadiah laptop dan uang sangat menarik tapi yang lebih menarik perhatian saya adalah karya tulis berupa PTK yang akan menjadi bukti hidup bagi saya yang akan jadi kenang - kenangan setelah saya tiada.
Dari ulasan panjang lebar dalam kelas menulis online saya berharap dari  guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa., semoga.

Buku menulislah setiap hari adalah buku pertama kali yang omjay terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun omjay tak pernah putus asa. Buku akhirnya jadi berkat jasa mbak abdah khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.
Kemudian buku itu diterbitkan oleh penerbit indeks jakarat dengan editor mas yuan acita. Sampai sekarang omjay belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini omjay membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di wanaraja Garut Jawa Barat. Impian setiap penulis untuk bisa menikmati hasil jerih payanya, tak terbayangkan oleh saya sebelumnya tapi sekarang akan saya coba untuk menulis di blog paling tidak untuk mendapatkan lebih banyak pembaca buat blog saya.

Kesimpulan materi malam ini adalah menulis dan meberbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tdk bisa bekerja sendiri. Butuh org lain yg baik hati seperti editor yg menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tdk diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yg menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta. Inshaallah, mulai
jadwal pelatihan yang sudah ditetapkan dari jam 19.00 sampai dengan 21.00 akhirnya molor menjadi lebih lama, karena aku yakin semua peserta antusias dengan pelatihan ini.

Terima kasih atas ilmunya Om Jay. Saya masih berharap pada pertemuan kita berikutnya saya masih bisa mendapatkan Tip - Tip jitu menjadi guru yang luar biasa baik bagi sesama teman guru, anak didik saya dan masyarakat yang peduli dengan dunia pendidikan.

3 komentar:

  1. Semangat, Bu. Belajar itu wajib hukumnya dan besar pahalanya. Malah besar manfaatnya di dunia ini.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Pantun Sendiri

 Lama tak mengasah ilmu pantu, semoga berkenan untuk membacanya I. Dilarang keluar waktu magrib Saat magrib tidak boleh berdendang Dud...