Sabtu, 27 Juni 2020

Skapula Ku


Berusaha tidak merasakannya, tapi tetap terasa. Sudah dua hari ini sakit di tulang belikat (scavula) tak seperti biasanya. kemaren hanya rasa senut - senut tapi sekarang sudah agak susah digerakkan. Akhirnya aku browsing di internet apa yang menyebabkan sakit ini.

Skapula atau tulang belikat adalah tulang berbentuk segitiga yang terletak di bagian belakang bahu atu punggung bagian atas. Nyeri tulang belikat bisa disebabkan oelh banyak faktor. Pada umunya nyeri tulang belikat bukanlah masalah serius yang harus dikhawatirkan.

Salah satu penyebab nyeri tulang belikat yaitu karena otot yang menegang atau atau mengalami cedera punggung. Terlalu lama bekerja di depan komputer, mengangkat beban terlalu berar, serta olahraga berlebihan merupakan penyebab paling umum dari ketegangan otot atau cedera punggung. Masalah pada tulang belikat merupakan salah satu penyebab sakit punggung atas yang cukup sering terjadi.

Penyakit yang berhubungan dengan Nyeri Tulang Belikat, selain karena otot yang menegang dan cedera punggung nyeri tulang belikat juga bisa disebabkan oleh penyakit - penyakit tertentu. Di antaranya adalah :
  • Diseksi aorta : terjadi ketika pembuluh darah yang mengarah ke jantung robek dan menyebabkan rasa nyeri yang sangat menusuk di bagian belakang punggung. Kondisi ini umumnya terjadi pada pria berusia 60 - 70 tahun.
  • Emboli paru : terjadi ketika pembuluh darah besar di paru -paru mengalami penyumbatan. Sumbatan ini dapat disebabkan kerena gumpalan darah di tungkai terlepas dan terbawa hingga ke paru - paru. Pada banyak kasus, penderitanya akan merasakan nyeri yang sangat menusuk di tulang belikat ketika penyumbatan itu terjadi.
  • Patah tulang belikat : patah tulang belikat bisa terjadi karena terjatuh, kecelakan atay trauma. Ketika tulang belikat patah, anda akan meraskan nyeri, memar dan bengkak di sekitar tulang belikat, misalnya nyeri bahu. Anda juga tidak akan mampu mengangkat legan di sisi tulang belikat yang patah.
Selain karena tiga penyaki di atas, nyeri tulang belakang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa penyakit lain, seperti skoliosis, fibromyalgia, oesterorthritis, batu empedu, stenosis spinal, kanker paru - paru, kanker hati, limfoma, atau kanker esafagus.

Cara mengatasi nyeri tulang belikat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain :
  1. Istirahat cukup
  2. Kompres dengan air dingin atau hangat
  3. Memijat punggung
  4. Olahraga dan peregangan
  5. Mengkonsumsi makanan sehat
setelah mencari informasi ini, masih belum bisa menentukan mana yang menyebabkan beberapa hari ini tulang belikatku sakit, akhirnya aku mengingat kata orang tua - tua dulu. Sakit tulang belikatku karena salah bantal ketika tidur. Ini membuatku merasa lebih nyaman daripada menambah beban pikiran, lebih baik berpikiran positif saja, salah bantal baca selawat menepuk bantal tiga kali dan menjemurnya. Alhamdulillah petuah itu berhasil, sekarang tulang belikatku tidak sakit lagi. (AZ)

4 komentar:

Postingan Terbaru

Pantun Sendiri

 Lama tak mengasah ilmu pantu, semoga berkenan untuk membacanya I. Dilarang keluar waktu magrib Saat magrib tidak boleh berdendang Dud...