RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
1.
Identitas
- NAMA SEKOLAH :
SMA Negeri 2 Karimun
- KELAS :
XII IPS
- SEMESTER :
2 (Dua)
- PROGRAM :
Ilmu Pelajaran Sosial (IPS)
- MATA PELAJARAN :
Ekonomi.
- JUMLAH PERTEMUAN :
6 kali pertemuan
- TAHUN PELAJARAN :
20.../20..
2.
Standar
Kompetensi
Memahami badan usaha.
3.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi peran Badan Usaha dalam perekonomian di Indonesia.
4.
Indikator
Pencapaian Kompetensi.
a)
Mendiskripsikan pengertian badan usaha Perusahaan.
b)
Mendiskripsikan pembagian badan usaha
c)
Berdasarkan modal, kegiatan, dunia bisnis
d)
Mendiskripsikan fungsi badan usaha
e)
Mendiskripsikan syarat pendirian badan usaha dan pemilihan lokasi usaha.
f)
Menjelaskan pengelolaan badan usaha dan pendirian badan usaha sera kebaikan
dan keburukan badan usaha.
g)
Menjelaskan pengabungan badan usaha.
5.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mendapatkan informasi dari guru siswa
diharapkan :
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian badan usaha
2.
Siswa dapat menjelaskan pembangian badan usaha berdasarkan modal kegiatan
usaha dan dunia bisnis.
3.
Siswa dapat menjelaskan fungsi badan usaha
4.
Siswa dapat menjelaskan syarat pendirian badan usaha dan pemilihan lokasi
usaha
5.
Siswa dapat menjelaskan pengelolaan badan usaha serta kebaikan dan
keburukan badan usaha
6.
Siswa dapat menjelaskan pengabungan badan usaha
6.
Materi
Ajar :
o Pengertian Badan Usaha dan Perusahaan
o Pembagian Badan Usaha
o Fungsi Badan Usaha
o Syarat pendirian Badan Usaha
o Pemilihan Badan Usaha
o Pengelolaan Badan Usaha serta Kebaikan dan
Keburukan Badan Usaha
o Pengabungan Badan Usaha
7.
Alokasi
Waktu : 6 kali pertemuan
8.
Metode Pengajaran :
1.
Pendekatan :
STAD
2.
Strategi
Pembelajaran : Discovery Inquiry
3.
Model
Pembelajaran : Problem Based
Learning
4.
Metode
Pembelajaran : 1. Ceramah
2.
Penugasan
3. Tanya jawab
4. Diskusi
5. Presentasi
6. Evaluasi
9.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
7 dan 8
Kegiatan
Pembelajaran
|
Aloksi
Waktu
|
Nilai Karakter yang dikembangkan
|
|
A.
|
Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
· Salam.
· Presensi/Absen.
· Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menyebutkan badan
usaha yang akan memberikan tingkat pendapatan yang tinggi ( pertamina,
saipem, pln)
· Apersepsi materi yang akan diajarkan untuk mempermudah siswa
dalam pembelajaran.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memahami badan usaha.
|
10 Menit
|
- Rasa ingin tahu dan disiplin
- Menghargai prestasi
- Kerja sama
- Partisipasi, kesugguhan.
|
B.
|
Kegiatan Inti :
o
Eksplorasi :
§ Guru menyampaikan materi beserta masalah-masalah yang ada dalam
materi. ( Giat belajar ).
§ Sambil siswa mempelajari materi, guru menggunakan pendekatan
tugas kepada siswa dengan mengajukan pertanya-pertanyaan yang menyangkut
materi pembelajaran. ( Rasa Ingin Tahu). Siswa diminta menyebutkan pengertian
badan usaha dan perusahaan. Contoh dari penggolongan badan usaha, serta
fungsi badan usaha dan pengelolaan badan usaha.
§ Siswa diharapkan dapat memberikan contoh yang tepat dengan tujuan
pembelajaraan hari ini.
o
Elaborasi
§ Guru menyuruh siswa untuk
menjawab pertanyaan yang telah disiapkan .( Mandiri)
§ Siswa lain diminta untuk menanggapi jawaban-jawaban yang telah
dijawab oleh siswa lain. Dan memberikan tanggapan atas pertanyaan tersebut. (
Tanggung Jawab).
§ Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok untuk lebih
mendalami materi dengan pertanyaan yang lebih berbobot.
§ Siswa diminta untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. (kerja
sama).
o
Konfirmasi :
§ Guru membahasa jawaban-jawaban pertanyaan yang benar, memberikan
umpan balik dengan menyajukan pertanyaan:
SPBU termasuk badan usaha Negara atau badan
usaha Swasta.
§ Guru memberi
§ Guru memberikan pengayaan terhadap materi yang masih belum
difahami oleh siswa ( Rasa ingin tahu).
|
65 Menit
|
-
Rasa ingin tahu dan
disiplin
-
Menghargai prestasi
-
Kerja sama
-
Partisipasi,
kesungguhan.
|
C.
|
Kegiatan Akhir :
§ Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman
dari materi yang diajarkan.
§ Guru melakukan evaluasi dan memberikan
pekerjaan rumah untuk siswa.
§ Guru menyampaikan rencana pembelajaran
selanjutnya.
§ Salam penutup .
|
||
Jumlah waktu keseluruhan yang digunakan.
|
10.
Penilaian
Hasil Belajar.
11.
Sumber
Belajar.
1)
Buku :
(1)
Yudistira
(2) Pabelan
(3) Modul guru
2)
Bahan :
(1)
Spidol
(2) Papan tulis
3)
Alat :
-
Laptop
4)
Sumber lain
:
-
LKS
-
Koran
-
Majalah
Mengetahui Karimun, Juli 20.......
Kepala SMA Negeri 2 Karimun Guru
Mata Pelajaran,
........................................................ SITI NURBAYA. AZ,SE
NIP. 19590704 198802
1 00 NIP.
19710730 200604 2 017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar