Minggu, 03 September 2017

Rpp 2006

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

1.           Identitas
  1. NAMA SEKOLAH                         :  SMA Negeri 2 Karimun
  2. KELAS                                                 :  XII IPS
  3. SEMESTER                                          :  2 (Dua)
  4. PROGRAM                                        :  Ilmu Pelajaran Sosial (IPS)
  5. MATA PELAJARAN                    :  Ekonomi.
  6. JUMLAH PERTEMUAN              :  6 kali pertemuan
  7. TAHUN PELAJARAN                 :  20.../20..

2.         Standar  Kompetensi
Memahami badan usaha.
3.                   Kompetensi  Dasar
  Mengidentifikasi peran  Badan Usaha dalam perekonomian di Indonesia.
4.                   Indikator  Pencapaian  Kompetensi.                   
a)       Mendiskripsikan pengertian badan usaha Perusahaan.    
b)      Mendiskripsikan pembagian badan usaha
c)       Berdasarkan modal, kegiatan, dunia bisnis
d)      Mendiskripsikan fungsi badan usaha
e)       Mendiskripsikan syarat pendirian badan usaha dan pemilihan lokasi usaha.
f)          Menjelaskan pengelolaan badan usaha dan pendirian badan usaha sera kebaikan dan keburukan badan usaha.
g)      Menjelaskan pengabungan badan usaha.
                                                                     
5.      Tujuan  Pembelajaran :
Setelah mendapatkan informasi dari guru siswa diharapkan :
1.                 Siswa dapat menjelaskan pengertian badan usaha
2.             Siswa dapat menjelaskan pembangian badan usaha berdasarkan modal kegiatan usaha dan dunia bisnis.
3.             Siswa dapat menjelaskan fungsi badan usaha
4.             Siswa dapat menjelaskan syarat pendirian badan usaha dan pemilihan lokasi usaha
5.              Siswa dapat menjelaskan pengelolaan badan usaha serta kebaikan dan keburukan badan        usaha
6.             Siswa dapat menjelaskan pengabungan badan usaha

6.      Materi  Ajar                     :
o   Pengertian Badan Usaha dan Perusahaan
o   Pembagian Badan Usaha
o   Fungsi Badan Usaha
o   Syarat pendirian Badan Usaha
o   Pemilihan Badan Usaha
o   Pengelolaan Badan Usaha serta Kebaikan dan Keburukan Badan Usaha
o   Pengabungan Badan Usaha

7.      Alokasi   Waktu  : 6 kali pertemuan

8.      Metode  Pengajaran       :
1.                 Pendekatan                                :  STAD

2.             Strategi Pembelajaran           :  Discovery Inquiry


3.             Model Pembelajaran               : Problem Based Learning

4.             Metode Pembelajaran            : 1. Ceramah
 2. Penugasan
3. Tanya jawab
4. Diskusi
5. Presentasi
6. Evaluasi


9.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 7 dan 8
Kegiatan Pembelajaran
Aloksi  Waktu
Nilai Karakter yang dikembangkan
A.
Kegiatan Awal / Pendahuluan ;
·  Salam.
·  Presensi/Absen.
·  Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menyebutkan badan usaha yang akan memberikan tingkat pendapatan yang tinggi ( pertamina, saipem, pln)
·  Apersepsi materi yang akan diajarkan untuk mempermudah siswa dalam pembelajaran.
·  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memahami badan usaha.
10 Menit
-    Rasa ingin tahu dan disiplin
-    Menghargai prestasi
-    Kerja sama
-    Partisipasi, kesugguhan.
B.
Kegiatan Inti :
o Eksplorasi :
§ Guru menyampaikan materi beserta masalah-masalah yang ada dalam materi. ( Giat belajar ).
§ Sambil siswa mempelajari materi, guru menggunakan pendekatan tugas kepada siswa dengan mengajukan pertanya-pertanyaan yang menyangkut materi pembelajaran. ( Rasa Ingin Tahu). Siswa diminta menyebutkan pengertian badan usaha dan perusahaan. Contoh dari penggolongan badan usaha, serta fungsi badan usaha dan pengelolaan badan usaha.
§ Siswa diharapkan dapat memberikan contoh yang tepat dengan tujuan pembelajaraan hari ini.
o Elaborasi
§ Guru menyuruh  siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah disiapkan .( Mandiri)
§ Siswa lain diminta untuk menanggapi jawaban-jawaban yang telah dijawab oleh siswa lain. Dan memberikan tanggapan atas pertanyaan tersebut. ( Tanggung Jawab).
§ Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok untuk lebih mendalami materi dengan pertanyaan yang lebih berbobot.
§ Siswa diminta untuk menyajikan hasil kerja kelompoknya. (kerja sama).
o Konfirmasi :
§ Guru membahasa jawaban-jawaban pertanyaan yang benar, memberikan umpan balik dengan menyajukan pertanyaan:
SPBU termasuk badan usaha Negara atau badan usaha Swasta.
§ Guru memberi
§ Guru memberikan pengayaan terhadap materi yang masih belum difahami oleh siswa ( Rasa ingin tahu).
65 Menit

-    Rasa ingin tahu dan disiplin
-    Menghargai prestasi
-    Kerja sama
-    Partisipasi, kesungguhan.
C.
Kegiatan Akhir :
§ Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman dari materi yang diajarkan.
§ Guru melakukan evaluasi dan memberikan pekerjaan rumah untuk siswa.
§ Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya.
§ Salam penutup .


Jumlah waktu keseluruhan yang digunakan.


10.         Penilaian Hasil Belajar.
11.            Sumber Belajar.
1)               Buku :
(1)           Yudistira
(2)       Pabelan
(3)       Modul guru

2)           Bahan :
(1)           Spidol
(2)       Papan tulis

3)           Alat :
-          Laptop

4)           Sumber lain :
-          LKS
-          Koran
-          Majalah

                                    Mengetahui                                                                               Karimun,    Juli 20.......
                Kepala SMA Negeri 2 Karimun                                                           Guru Mata Pelajaran,


                                ........................................................                                                                 SITI   NURBAYA. AZ,SE

                 NIP. 19590704   198802  1 00                                                  NIP. 19710730  200604  2 017    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Membuka Minda dengan Mengikuti Sinkronisasi Pemetaan Pendidik

 Undangan dari chat WA dari Ka. TU Ibu Melda Ponggoh untuk mengikuti sinkronisasi Perhitungan dan Pemetaan Pendidik pada Jenjang Menengah da...