Senin, 24 Juli 2023

Awal Tahun Dengan Perangkat Mengajar

Tahun pelajaran 2023/2024 sudah dimulai tanggal 10 Juli 2023 kemaren. Libur tahun pelajaran 2022/2023 disibukkan dengan tugas tambahan sebagai guru dan mengerjakan perangkat pembelajaran.

Setelah mendapatkan rincian minggu efektif dari wakil kurikulum tugas guru dimulai walaupun dalam masa libur.

Hanya ingin mengingatkan libur mengajar bukan libur melakukan tugas sebagai abdi negeri yang saat ini disebut dengan ASN.

Dua minggu libur mengajar diisi dengan kegiatan tambahan yang diberikan oleh pihak sekolah.

Setelah selesai dengan satu tugas saatnya berkutat dengan perangkat pembelajaran yang menjadi kewajiban sebagai guru.

Untuk tahun ajaran 2023/2024 diamanahkan untuk mengajar di kelas X kembali, berarti perangkat pembelajaran yang harus dibuat adalah perangkat pembelajaran IKM.

Menelaah Capaian Pembelajaran atau dikenal dengan istilah CP, kemudian dibuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan semua bermuara pada Modul Ajar yang akan digunakan untuk membelajaran di dalam kelas.

Bukan berarti sudah pernah membuat perangkat pembelajaran pada tahun yang sama hanya tinggal menganti tahunnya saja, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apalagi rincian minggu efektif yang tidak sama sehingga perlu perhitungan matang dan menyusaikan alokasi waktu pembelajarannya.

Apalagi pengalaman tahun kemaren sudah menjalaninya sehingga tahun ini harus lebih matang perhitungan alokasi waktunya.

Selain perbaikan di modul ajar, juga harus memperhatikan lembar kerja yang akan digunakan juga harus ada perbaikan serta menganti model pembelajaran yang dirasa kurang menarik minat murid untuk pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas.

Dua minggu sudah berada di dalam tahun pelajaran 2023/2024 masih butuh waktu untuk mengenal pasti kelemahan dari modul ajar yang dibuat apalagi masih masa penyesuaian dari cara belajar di SMP ke SMA.

Menghadapi mahkluk hidup butuh persiapan yang matang, walaupun ada remdial pembelajaran tidak salah kiranya berharap apa yang sudah dipersiapan untuk menghadapi murid baru tidak perlu perbaikan.***

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...