Minggu, 11 Juni 2023

Sepekan Seputar Kegiatan Ujian PAT

 

Ujian PAT tahun ini, tepatnya tahun pelajaran 2022 – 2022 seperti biasanya mendapatkan tugas tambahan sebagai panitia ujian.

Semua kerja harus disyukuri seperti pada panitia PAT tahun ini mendapatkan tugas sebagai Koordinator ujian dibawah penanggung jawab Bapak kepala sekolah.

 Mengkoordinator kerja panitia dengan ketua ujian PAT tahun ini Ibu Suprihatin, S. Pd. sekretaris Bapak Alfian, S.Pd dan bendahara Ibu Pebri Hesti, S. Pd, sebagai panitia inti.

Untuk Koordinator soal Bapak Nanang beserta dua anggotanya yaitu Susi Dewi Elvia dan dan Titoh Kusbiyantoro, S. Kom dari pegawai TAS SMAN 2 Karimun.

Sedangkan untuk Koordinator perlengkapan di berikan kepada Bapak Ikhwan Firdaus, S. Pd dengan anggota Ardi Febrianto dan Gusriansyah pegawi TAS.

Tidak lupa seksi konsumsi yang tahun ini hanya tercantum dalam SK tapi kerjanya bukan mengurus konsumsi karena tidak ada dana konsumsi baik dari pembiayaan BOS maupun Komite sehingga kerjanya membantu seksi lain yang berada dalam kepanitian dengan coordinator Ibu Selly Rozaliya, S. Pd dengan anggota R. Mardiana dan Firgie Chindy T (TAS).

Untuk menjaga kebersihan selama pelaksanaan ujian ada juga panitia bagian kebersihannya yaitu Syafaat dan Roeslan.

Di sela kesibukan mengajar ditambah dengan kesibukan menjadi panitia ujian PAT tentu tidak semua panita bisa bekerja pada jam yang sama, mengingat dan menimbang harus ada tugas mengajar yang lebih diutamakan.

Untuk itu sebagai coordinator serta ketua harus pandai mengarahkan sehingga kerja kepanitian berjalan dengan lancar dan tidak menganggu pelaksaan ujian nantinya.

Untuk di awal kerja tentu rapat koordinasi untuk melancarkan kerja panitia setelah ditunjuk oleh kepala sekolah dalam rapat bulanan sekolah.

Setelah rapat tentu membuat pengumuman untuk semua majelis guru guna mempersiapkan soal yang akan diujikan kepada peserta didik.

Untuk soal tahun ini sekolah kami sudah menggunakan soal yang beracuan kepada soal AKM, ada soal pilihan ganda biasa, soal pilihan ganda kompleks, soal benar – salah, soal pilihan jawaban lebih dari satu, soal menjodohkan serta soal urian dan essay.

Soal sudah terkumpul, sekarang tinggal menunggu soal kembali dari diperbanyak di percetakan.

Tugas selanjutnya memasukkan soal ke dalam amplop yang sudah disiapkan.

Senin, 05 Juni 2023 ujian hari pertama, sebelum masuk ke dalam ruang ujian peserta ujian apel pagi diberi pengarahan oleh ketua panitia.

Lonceng tanda masuk jam pertama sudah berbunyi, semua guru yang mendapat tugas mengawas sudah mengambil amlop soal menuju kelas yang sudah menjadi tugasnya untuk mengawas.

Hari pertama tentu sebagai panitia inti bersiap di ruang panitia menunggu monev dari kacapdis dan pemangku dunia pendidikan lainnya.

Ada beberapa hal yang harus diingat dan disampaikan dalam rapat bulanan kedepan untuk memperbaiki kinerja panitia secara khusus serta kinerja sekolah umumnya.

Untuk kinerja panitia, tentu saja istilah tak ada gading yang tak retak berlaku. Masih ada panitia yang tidak menjalankan tugas yang sudah diamanahkan, walaupun hal ini selalu disampaikan tidak ada salahnya untuk meningkatkan kinerja kita bersama masalah ini disampaikan lagi. Masih dengan kata orang bijak mengingatkan seseorang tidak bisa satu dua kali tapi berkali – kali.

Sementara untuk meningkatkan kinerja sekolah tentunya kami para pendidik harus bekerja lebih keras lagi untuk mengingatkan kepada peserta didik bahwa dispilin waktu itu sangat penting mengingat masih ada peserta didik yang datang terlambat.

Walaupun jumlah sedikit, tapi jika tidak ditindak lanjuti bisa saja akan bertambah jumlahnya.

Alhamdulillah sepekan ini hari – hari ujian masih berjalan dengan lancar tinggal tiga hari lagi sebelum ujian berakhir semoga saja sisa hari ujian tidak ada masalah yang menghambatnya.***

     

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...