Sabtu, 06 Mei 2023

Memaknai Arti Sebuah Kelulusan

 


Tak terasa waktu belajar mereka sudah selesai, menunggu kelulusan merupakan hal yang mendebarkan jadi mengingat imbasan kenangan lama ketika masih dimasa putih abu – abu.

Kelulusan yang masih bisa diingat jelas adalah ketika menunggu keluar hasil EBTANAS, ya waktu zaman sekolah dulu ada yang namanya uji kompetensi yang dilakukan oleh pemerintah pusat sehingga wajib pada waktu itu untuk lulus pada mata pelajaran ujian pilihan sesuai dengan jurusan yang diambil.

Dulu kelulusan merupakan satu perjuangan yang mungkin karena sulit untuk mencapainya sehingga usaha yang dilakukan juga luar biasa.

Belum lagi ketentuan nilai yang sudah menjadi ambang ketentuan untuk kelulusan menjadikan kelulusan sesuatu yang sangat istimewa.

Kelulusan dengan segala perjuangan membuat diri yang mengikuti ujian ketika itu dinyatakan lulus terasa lega dan bangga.

Apakah kelulusan tahun ini juga dirasakan oleh mereka yang dinyatakan lulus tahun ini.

Apakah ada hal – hal yang tersembunyi dari kelulusan tentu hanya pemangku kepentingan yang tahu.

Masih segar diingatkan ketika tahun 2003 masih awam dalam dunia pendidikan karena baru 5 tahun mengabdi sebagai pendidik, sekolah kami tidak meluluskan lebih dari 50 peserta didik karena tidak memenuhi kreteria kelulusan tapi tidak ada pihak yang tidak puas atas keputusan itu tapi sekarang entahlah.

Semoga moment peringatan 2 Mei tahun ini mengajak kita semua yang peduli dengan dunia pendidikan memberikan arti lain dari kelulusan yang menjadi tanggung jawab kita semua.

Lulus dalam arti mereka bisa mempertanggungjawabkan beban dari pendidikan bukan hanya sekedar selembar kertas yang mereka bawa tapi tak bermakna.

Dunia pendidikan tergantung dari kelulusan yang mereka raih, dengan kelulusan mereka bisa menyebarkan segi positif dari pendidikan yang mereka kecapi selama mereka bergelar sebagai peserta didik.

Semoga kelulusan tahun ini berbareng dengan hari pendidikan memberikan makna yang lebih. Selamat hari pendidikan nasional dan selamat kelulusan bagi peserta didik yang sudah memaknai kelulusan dengan penuh perjuangan sehingga pendidikan di Indonesia maju dan melahirkan generasi mudah yang mampu mengisi kemerdekaan dan memajukan Indonesia kedepannya, semoga.***

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...