Minggu, 14 Mei 2023

Panen Ikan Nila Pemanfaatan Lahan Rumah

 


Alhamdulillah ini sudah yang kesekian kali kami memanen ikan nilai pemanfaat lahan belakang rumah.

Panen hari ini untuk disantap sendiri, ikan nila akan di goreng kering dimakan bersama sambil belacan dan lalapan sungguh nikmat rasanya.

Kolom ikan yang dibuat sejak berdirinya rumah pada tahun 2006 memanfaat lahan kecil disamping belakan rumah yang semula hanya untuk menghibur hati dan akhirnya menjadi rezeki karena hasil panin ikan nila sudah pernah dijual karena banyaknya ikan nila.

Panen ikan juga membuat keluarga bahagia, anak menantu suami serta cucu membantu panen ikan walaupun si cucu bungsu Caca kami memanggilnya lebih banyak mengacaukan panen daripada membantu panen.

Ada saja tingkahnya yang membuat kami semua tertawa, dari memakai sepatu sekolah berbentuk pansus berwarna hitam. Ketika dikasih tahu malah mengatakan sepatu yang dipakainya sepatu lebaran bukan sepatu sekolah.

Ada – ada saja si bungsu Caca, mungkin waktu pembelian sepatu dikatakan untuk lebaran maka terrekam dikepalanya mengatakan sepatu lebaran daripada sepatu sekolah.

Lumayan panen hari ini bisa dimakan untuk tiga keluarga, sisanya yang masih kecil dimasukkan kembali ke dalam kolam untuk dipanen pada waktu berikutnya.

Memanfaat lahan kecil tapi menghasilkan hasil besar ternyata tidaklah susah, buktinya kolam dengan ukuruan 2 X 2 Meter dengan dalam 3 meter kami sudah merasakan beberapa kali panen baik untuk dijual ataupun untuk menjadi santapan sendiri.

Hari makan hasil panen ikan nila, permintaan Atok Caca alias suami digoreng kering dimakan dengan sambal cabe terasi serta sayurnya juga masih mengambil hasil tanah milik sendiri. Sayur kates kata orang jawa sementara kami orang melayu mengatakan buah betik.

Buah betik akan dibening dengan bumbu sederhana bawang putih serta bawang merah dengan ditambahkan ikan bilis makyos rasanya.

Bahagia serta silaturhami keluarga itu sederhana panen ikan bersama sambil tertawa melihat tingkah si cucu bungsu yang mengelitik hati.

Selamat menikmati hari ahad bersama keluarga semoga silaturahmi tetap terjaga, semoga.***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...