Minggu, 23 April 2023

Lebaran, Keluarga atawa Siapa?

 

Lebaran t’lah tiba, lebaran t’lah tiba, hore hore hore aku gembira.

Ya lebaran telah tiba, semua pasti menunggu kedatangannya setelah sebulan lalu menunggu datangnya ramadhan tentu menyusul lebaran yang merupakan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan.

Lebaran tentu punya arti tersendiri buat yang merayakannya, terlepas dari cara menyambutnya apakah dengan bermewah – mewahan bagi yang kaya atau hanya secara sederhana bagi penghasilanya pas - passan tapi kedua – duanya memberikan efek kebahagian bagi yang merayakannya.

Lebaran, oh lebaran mengisinya dengan keluarga atau siapa tentu bingung menjawabnya?

Waktu 8 jam  di hari pertama mulai dari sholat id bersama keluarga yang tinggal serumah  dan yang tidak tinggal serumah sepertinya tidak cukup untuk merayakannya bersama - sama, apalagi jarak tempuh yang lumayan memakan waktu.

Hidup tidak lepas dari sosialisasi yang melibatkan banyak orang tentu lebih banyak lagi tempat yang harus dikunjungi pada lebaran pertama ini dan harus membuat list sehingga tidak membuang waktu di dalam yang singkat pada lebaran pertama.

Keluarga, kerabat, ataupun tetangga maupun kolega menjadi prioritas untuk dikunjungi diwaktu lebaran ini, apalagi ada keluarga yang jumpanya setahun sekali tentu piliah sulit untuk menentukan siapa diantara mereka untuk dikunjungi pertama.

Terlepas dari yang dituakan, tentu mengurutkan urutan ke dua, ke tiga sampai urutan keberapa yang harus dikunjungi tentu tidak mudah menentukannya.

Tapi itulah pernak – pernik lebaran, jadi jalani dengan besar hati asal jangan sampai membuat diri lelah, dan yang pasti jangan sampai lupa diri hanya karena ingin saling mengunjungi jadi lupa kewajiban sebagai umat – Nya.***

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...