Rabu, 18 Maret 2020

Walas Alisa Wali Kelas

Sejak mengajar juli 1998 banyak pengalaman mengajar yang ku dapatkan, dimulai dari pengelolaan kelas sampai dengan bagaimana mengolah serta membuat rencana program pembelajaran  yang lebih dikenal dengan istilah RPP. masih segar teringat pengamalaman pertama ditunjuk menjadi wali kelas pertama. Ya walas pertama alias wali kelas, dengan latar belakang bukan dari dunia pendidikan aku dipercayakan menjadi wali kelas pertama pada tahun pelajaran 2002 -2003 Wali Kelas II.3.

Debut pertama sebagai wali kelas mungkin sudah kabur dibayangan siapa siswa - siswanya, yang hanya teringat bagaimana kelas yang menjadi tanggung jawabku tidak menjadi kelas yang menjadi sorotan untuk hal - hal yang kurang menyenangkan. Memang tidak ada kreteria untuk kelas pada tahun itu tapi tetap dalam ingatan ku, bagaimana aku harus bisa menjadi wali kelas yang baik untuk semua siswa yang berada dalam jagaanku. 

Bagaimana memotivasi mereka menjadi yang terbaik diantara kelas - kelas yang lain itu menjadi prioritasku. Yang terbayang pada benak ku saat itu kelas yang menjadi tanggung jawabku harus lebih baik dari kelas yang sudah dikelola oleh guru - guru yang berpengalaman menjadi walikelas. sebagai guru honor yang percayakan menjadi wali kelas aku sadar betul ini merupakan tantangan besar, hal itu masih menjadi tantangan sampai sekarang ini. 

Menjadi wali kelas sama menjadi guru harus membuat perangkat atau lebih tepatnya adalah program wali kelas, di awal menjadi wali kelas aku tidak pernah menuangkan tugas wali kelas kedalam progam kerja wali kelas, untuk beberapa tahun kebelakang ini aku mulai dengan membuat program wali kelas seiring dengan bertambahnya pengalaman menjadi wali kelas, walau hal ini belum menjadi kewajiban yang diterapkan disekolahku, aku hanya berfikir mungkin akan menjadi awal dari perbaikan diriku sebagai guru yang mendapat tugas tambahan sebagai wali kelas. 

Menjadi wali kelas menjadi tantangan tersendiri buat seorang yang bergelar guru, pengalaman mengajar saja sudah membuatku sangat bersemangat ditambah dengan pengalaman sebagai wali kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...