Sabtu, 12 Desember 2020

Sosialisasi Asesment Nasional

Tanggal 11 Desember 2020

Hari Sabtu

Tempat Labor Fisika/Matematika

Nara sumber Erladewi, S.Si, M. Pd

Sosialisasi buka pada jam 08.10 dengan pembawa acara ibu Dra. Desharay Nazri. dengan mengucpakan syukur kepada Allah SWT dan memberikan salam kepada Nabi Muhammad SWA. dan untuk lebih hikmatnya acara sosialisasi ini doa akan dipimpin oleh Bapak Sainal, S.Pd, M.Pd. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dengan Dirjen Dra. Eslinda S.

Kata Sambutan oleh Pengawas Sekolah SMA Negeri 2 Karimun, Bapak Ngantar. S. Pd. Beliau mengingatkan semua yang hadir untuk selalu mengucapkan syukur kepada yang Maha Kuasa karena kita yang di dalam ruang ini selalu dalam rahmat-Nya, dibandingkan dengan sebagian dari kita di luar masih di uji dengan mengalami bencana alam.

Pak Ngantar, S. Pd, juga mengingatkan kami yang ikut sosialisasi untuk mengikuti sosialisasi asesmen nasional ini dengan baik sehingga tidak salah kita menjawab pertanyaan tentang asesmen nasional baik dari orang tua siswa, masyarakat dan pihak yang peduli dengan dunia pendidikan.

Untuk membukaan acara Sosialisasi asesmen nasional di SMA Negeri 2 Karimun langsung oleh bapak Bapak Drs. Sugiarto, MM, selaku kepala sekolah. Sebelum membuka acara sosialisasi kepala sekolah mengingatkan kami semua yang hadir untuk memperhatikan apa yang disampaikan oleh nara sumber dan mengambil manfaat dari sosialisasi asesmen nasional hari ini. 

Pukul 08.35 Nara sumber kami Ibu Erla mengikuti yang sudah mengikuti Asesmen Nasional ini di Bogor. Untuk membuka materi hari ini oleh nara sumber. kami disajikan materi asesmen yang didapat nara sumber sewaktu mengikutinya di Bogor. 

Asesment Nasional di laksanakan karena beberapa faktor indikator yang menyebabkan di berlakunya asesmen adalah karena adanya pembulian di lingkugan sekolah. 

Asesment Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Mutu yang diukur menggunakan 3 isntrumen, yaitu AKM, karakter , lingkungan belajar.

Asesmen kompetensi minimu (AKM) yang diukur adalah Literasi Membaca dan Numerasi. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar daapt berkonrtibusi secara produktif di masyarakt. Numerasi adalah kemampuan berfikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari - hari pda berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai waerga negara Indonesia dan dunia.

AKM dilakukan untuk jenjang SMA pada siswa kelas XI, sehingga di kelas XII siswa kelas XI bisa merasakan adanya perbaikan . Guru di tuntut dalam AKM adalah membuat soal - soal dalam bentuk HOTs. 

Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: 1. literasi membaca 2. literasi matematika (numerasi) Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup: keterampilan berpikir logis-sistematis keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari keterampilan memilah serta mengolah informasi AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten. Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tentu untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, juga untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Yang diukur survei karakter adalah Profil Pelajar Pancasila yang meliputi beriman, bertaqwa kepada Tuhan dan beraklak mulia, mandiri, kebinekaan global, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis dan kreativitas.

Tujauan asesmen nasional untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan dan sekaligus menghasilkan informasi 

Asesmen nasional sebagai penunjuk arah tujuan dan praktik pembelajaran, asesmen nasional untuk memotret .

Pelaksanaan asesmen nasional dikoordinasi oleh kemendikbud bekerjasama dengan dinas pendidikan

Hasil asesmen nasional 2021 digunakan sebagai :

  1. Pemetaan awal mutu sistem.
  2. penyetaraan hasil belajar bagi peserta didik program kesetaran
Perubahan pola pikir di tuntut dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minumum (AKM).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...