Senin, 26 Juli 2021

Cerita Siswaku Dengan Paket Internetnya.

 

Pertemuan yang di jadwalkan dengan menggunakan aplikasi meet sungguh membuat hati ini harus super sabar, bagaimana tidak. Cuaca yang cerah, biasalah masalah sinyal tidak akan ada, tapi nyatanya masih juga ada masalah lain.

Setelah mengshare link untuk siswa dapat hadir dan mengikuti pembelajaran dengan tatap muka melalui aplikasi meet ternyata hanya separuh dari siswa yang bisa masuk sedangkan yang lain terkendala dengan alasan belum mengisi paket internet, jadi senyum sendiri. Untuk mengabarkan bahawa dirinya tidak bisa masuk aplikasi meet, siswa yang bersangkutan menjapri lewat whatsapp, bukankan whatsapp juga menggunakan paket internet.

Belum lagi siswa – siswa yang sudah bergabung dalam meet yang tidak mengaktifkan videonya, sempat juga saya berkata

“Belum mandi ya, jadi takut memperlihatkan wajahnya.” Ucapan saya dibarengi dengan senyum yang menghiasi wajah, biar siswa – siswi saya tidak takut melihat wajah saya yang kebetulan bagi mereka adalah wajah baru. Apalagi saya selalu didaulatkan mengajar di kelas XII sehingga siswa kelas X dan XI pasti asing dengan wajah saya. Kerena itu untuk pertemuan pertama ini saya menggunakan aplikasi meet untuk memperlihatkan wajah saya sekaligus untuk melihat wajah siswa – siswi yang akan mengikuti kelas saya tentunya.

Waktu terus berjalan, sampai dengan sepuluh menit sebelum waktu berakhirnya mata pelajaran saya, hanya chat yang menandakan mereka siswa – siswi saya hadir walaupun wajah mereka tidak Nampak di layar laptop saya. Semua pasti ada plus minusnya, tapi sebagai guru jangan pernah merasa putus asa, selalu tanamkan dalam diri bahwa memberi sesuatu itu harus dengan kesabaran dan keikhlasan.

Catatan hari ini, sebagai penyemangat untuk terus mengabdi dalam dunia pendidikan. Maju bersama kita bisa, sukses dunia pendidikan Indonesia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...