Sabtu, 30 September 2023

Catatan Seorang Wali Kelas (2)

 

Waktu terus berjalan, bulan juli sudah berganti dengan Bulan Agustus. Tugas wali kelas terus berjalan sejalan dengan tugas mengajar.

Masuk minggu ke 6 sejak mereka dinyatakan sebagai kelas yang harus dibimbing tugas memperhatikan perkembangan proses belajar mengajar terus dilakukan.

Peringatan di dalam kelas sewaktu mengajar bahkan di sela – sela kegiatan sekolah mengingatkan mereka untuk menjaga absen kehadiran.

Sudah menjadi kesepakatan untuk kehadiran tanpa keterangan alias Alpa melebihi angak 3 akan dipanggil orang tua untuk menyamakan persepsi dan informasi apakan murid ini ketidak beradaannya di sekolah diketahui oleh orang tua.

Jumat, 18 Agustus 2023 surat panggilan untuk dua orang murid terpaksa dilayangkan kepada orang tua melihat absen ketidak hadiran melebihi angka kesepakatan kelas.

Semoga menemukan titik terang keberadaan dua murid ini selama ketidak hadiranya di Sekolah.

Sabtu, 19 Agustus 2023 kesepakatan bersama untuk datang kesekolah bagi membenahi kelas.

Seperti begitu banyak yang bisa dilakukan oleh wali kelas walaupun mungkin semua ada yang memandangnya sebelah mata, tapi niat lillahitalla semuanya dijalani dengan ikhlas.

Pekan berganti tiba waktunya September dengan projek P5, sebagai wali kelas dan juga ditunjuk sebagai salah satu coordinator P5 bertambah satu tugas lagi diantara banyak tugas yang sudah dilimpahkan oleh pimpinan tertinggi di SMA Negeri 2 Karimun.

Minggu pertama pada P5 ini kami mengusung tema gaya hidup berkelanjutan dengan proritas pertama sayangi bumi kelola sampah dari mengunjugi TPA dan TMOS 3R sampai mengolah sampah menjadi kompos dan ecoenzyn sampai dengan busana daur ulang serta menggunakan ecobrick untuk taman kelas maupun taman sekolah milik kelas kami tentunya.

Ditengah kesibukan pelaksanaan P5 kami masih memperingati  Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menjadi kewajiban bersama dalam musyawarah dan mufakat terpilihlah peserta untuk lomba memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Untuk lomba Sahril ada tiga peserta dari kelas kami, perwakilan kelas akan menunjukkan kebolehannya dalam tilawah, saritilawah serta penceramah (M. Rahmadhani, Cut Zalffa B, dan Syahira).

Untuk lomba hadroh ada enam peserta putri (Syahira larastika, Nayla Khaliza F, Khairani Khaliza A, Reny  Destiani, Novita Sari,  Ardeawanti) dan dua peserta putra (M. Yusuf Hariyanto dan Aldino Angkaras) yang mewakili, bukan kemenangan yang diharapkan tapi lebih memupuk semangat mereka untuk berani tampil bagi mewakili kelas dimasa yang akan datang.

Akhir pekan September kami disibukan dengan goal terakhir sebelum pekan raya tema pertama yang akan diadakan pada tanggal 2 Oktober 2023.

Masih banyak kekurangan dalam kekompakan dalam melaksanakan projek yang telah ditentukan, masalah keuangan masih menjadi masalah utama, walaupun sebagaian besar sudah ditutupi oleh dana BOS sekolah tapi yang namanya pekan raya tentu saja banyak hal yang harus dipikirkan sehingga banyak ide banyak pula dananya.

Kelelahan dan jenuh tentu terasa, dengan begitu banyak yang ingin dilakukan serta dikerjakan, belum lagi masalah lain seperti merasa ada  yang tidk bergerak  menyebabkan semangat kendor tapi tetap harus memotivasi mereka agar semangat.

Alhamdulillah, patut diucapkan dalam segala kekurangan kelas kami terus bergerak dan pada hari ini minggu terakhir projek masih ada murid kami yang masih belum mau bergerak.

Terima kasih kepada Orangtua Gustina yang hadir dalam penyelesaian P5 bersama kami.

Tara ini kelas kami hari ini, semoga untuk projek P5 berikutnya, tidak hanya untuk sebagian murid tapi semua sudah mau bergerak dan bergerak dengan tanggung jawab penuh, semoga.***

Perwakilan kelas untuk Sahril

Menyempatkan diri berfoto bersama mereka setelah bertanding

Peserta Hadroh

 Memberikan penghargaan kepada Mereka yang sudah tampil dengan berfoto bersama

 

Taman kelas yang pagarnya dari ecobrik

Busana daur ulang dari kantong sampah dan karton

Mading kelas terdiri dari kegiatan P5 dan Kesepakatan serta Penggunaan Canva untuk struktur kelas.

Pojok Baca masih dengan penggunaan barang daur ulang serta pohon pengharapan.

Setiap tahun pasti ada yang suka bergaya
 
Taman Kelas memanfaatkan pohon mangga untuk berteduh bahagia bersama mereka

Berkolaborasi bersama orangtua siswa (Gustian)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...