Jumat, 09 Oktober 2020

Pelatian APSI, Mantap.



Reportase

Hari                  


Tanggal               


Materi                 

Nara Sumber

 

 

 

Pembawa Acara 

Pembaca Doa    

Moderator

: Sabtu, Senin, dan Selasa

: 3, 5, dan 6 Oktober 2020

: Penulisan Karya Ilmiah

: Bpk. Dr. Agus Sukoco, MM,  Bpk. Andien Novarisa, Bpk. Junaidi, M.Pd, Ibu Prof. Dr. Tri Marhaeni, P.A.M. Hum, Ibu Endang Rahayu M.H. S.Pd, M.Pd

: Ibu Reni Kuswanti

: Bpk. Saputra

: 1. Drs. Syamsir

  2. Dra. Suzana

Sabtu, 03 Oktober 2020 pukul 07.30 kami para peserta di minta untuk gabung dengan link zoom yang sudah disediakan untuk mengikuti pelatihan virtual dengan aplikasi Zoom. Sambil menunggu semua peserta bergabung kami para peserta harus memastikan baik video maupun audio kami bisa digunakan dengan baik, Maklum peserta pelatihan terpisah dengan lautan yang akhirnya akan mempengaruhi kualitas dari penerimaan video maupun audio dikarena sinyal yang sering tidak stabil. Peserta untuk pelatihan ini berjumlah ± 300 orang seperti yang diinformasikan panita penyelenggara.

Pukul 08.ᵒᵒ Wib seremonial pembukaan pelatihan ini dibuka oleh pembawa acara dengan membacakan tata tertib pelatihan. Tidak lupa kami para peserta diminta untuk mengambil sikap sewaktu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Supaya acara dapat berjalan lancar doa di bacakan oleh Bapak Saputra. Kata sambutan oleh Bapak Ngantar Tarigan S.Pd sebagai ketua APSI Kabupaten Karimun, Laporan panitia oleh ketua panitia oleh Bapak Drs. Syamsir. Dan Terakhir kata sambutan dan sekaligus membuka acara pelatihan online ini Bapak H. Bakri Hasyim Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. 

Dalam kata sambutannya para guru diminta untuk mengajar dengan ikhlas serta berusaha  mendidik dengan baik walaupun banyak masalah yang dihadapi dalam PPJ. Tidak lupa kepala Dinas juga mengingatkan untuk selalu berpartisipasi dalam memutus mata rantai Covid - 19 dengan selalu menggunakan protokol kesehatan jika mengharuskan bertemu dengan peserta didik.

Untuk pertemuan hari Sabtu sebagai moderator Bpk. Drs. H. Syamsir memberikan beberapa pantun sebagai penyambutan kepada nara sumber nasional yang akan memberikan materi pada hari ini. Pak Dr. Agus Sucoko dan Bapak Andien Novarisa memberikan materi bagaimana memberikan pembelajaran menyenangkan pada PJJ. Kami para peserta mendengarkan materi dengan seksama, semua peserta sepertinya mau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang diberikan oleh pak Agus dan pak Andien. Karena keterbatasan waktu hanya beberapa pertanyaan saja yang dapat di jawab oleh nara sumber. pertemua hari sabtu ditutup dengan mengingatkan para peserta untuk tidak lupa absen dengan mengunakan aplikasi Soho.

Masih sama seperti pertemuan hari sabtu kemaren, kami para peserta diberikan link untuk masuk zoom pada pukul 07.30 Wib. Pemateri hari senin dalah ibu Prof. Dr. Tri Marhaeni. P. M. A. Hum dengan materi bagaimana membuat karya tulis ilmiah pada masa PJJ yang bisa dimasukkan ke dalam Dupak. Pada Masa PJJ ini penelitiaan tindakan kelas tidak dapat dilaksanakan karena tidak ada tatap muka dengan siswa, jelas ibu nara sumber tapi tidak berarti tidak ada penelitian. Kami diberikan materi untuk membuat penelitan pada masa PJJ ini. Sungguh materi yang dapat menambah lagi wawasan tentang karya  tulis ilmiah. Absen pada hari selasa ini diberikan 10 menit sebelum pertemuan berakhir, akhirnya kami para peserta harus sabar untuk menambah ilmu dengan nara sumber pada hari terakhir nanti.

Selasa, 06 Oktober 2020 pukul 07.45 Wib saya sudah masuk link untuk memastikan saya bisa mengikuti pelatihan hari ini. Nara sumber hari ini Ibu Endang Rahayu, S.Pd, M.Pd dan Bapak Junaedi M.Pd akan memberikan materi terakhir bagaimana memasukkan karya ilmiah pada perhitungan DUPAK. Nara sumber mengingatkan kami jika salah memasukkan unsur - unsur yang akan dihitung oleh Tim penilai tentunya tidak akan terhitung untuk PAK tahun ini. 

Satu persatu halaman pada Dupak yang mengadung unsur utama dan unsur penunjang dijelaskan oleh nara sumber kami hari ini. kami juga diingatkan kembali berapa kebutuhan dari PAK yang disyaratkan untuk kebutuhan naik pangkat. Walaupn waktu pertemuan untuk hari terakhir ini sudah selesai, tapi kami para peserta masih berkomunikasi dengan panitia dan salah satu nara sumber yang berasal dari Penghitung Angka Kredit Kabupaten. Semoga ilmu yang kami terima selam 3 hari ini dapat kami terapkan dalam masa PJJ ini. Terima kasih kepada APSI pusat dan Panitia yang sudah menyelenggarakan pelatihan yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam Cinta

Bel panjang berbunyi, aku bergegas melangkah menuju parkiran terlambat sedikit saja pasti banyak ruginya. "Assalamualaikum." Gema ...