Jumat, 30 Oktober 2020

Belajar Dari Yang Muda Berkarya


Mungkin inilah yang disebut dengan guru pembelajar, setiap hari menyempatkan diri untuk belajar sesuatu demi memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Setelah beberapa waktu mengikuti Webinar yang dilakukan oleh Media Guru Indonesia dan Forum Blogger Indonesia. Hari ini untuk yang kedua kalinya mengikuti Webinar yang diselenggarakan oleh Rumah Belajar. 

Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Zoom, maklum masa pandemic tentu saja pertemua secara tatap muka kalau bisa dihindari. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid - 19 sebaiknya kita menggunakan cara virtual saja.

Tak ada kata berhenti untuk belajar dari seorang guru, Libur bersama bukan berarti tidak berkarya dan belajar. Hari ini kami peserta sebanyak 33 orang mengikuti Webinar rumah belajar dengan nara sumber yang salah satunya dari sekolah kami sendiri Bapak Sainal, MPd dan satu lagi nari sumber dari Aceh Bapak Fahrul Rosi. Keduanya merupakan duta dari Rumah Belajar yang akan selalu memberikan pencerahan dalam PJJ ini. 

Webinar dengan menggunakan Zoom kali ini dimulai pada pukul 09.00 Wib dan berakhir pada pukul 11.30 Wib. Sebelum acara dimulai tentunya kami haru join meeting dulu sebelum host menutup suara kami saling sapa dan bertanya kabar tentu menjadi ciri khas orang Indonesia. Setelah host menutup semua spiker tanda acara dimulai mulailah kami para peserta memberikan perhatian untuk materi yang akan kami terima hari ini.

Pemateri pertama adalah Pak Sainal, MPd yang memberikan pencerahan manfaat dari Rumah belajar dan cara loading dan mengapload materi. tak terasa memang kalau kita memperhatikan dengan sungguh - sungguh apa di sampaikan.

Untuk pemateri kedua Bapak Fahrul Rozi, beliau memberikan materi bagaimana menggunakan Quizizz.com. Kami para peserta langsung dibimbing bagaimana cara masuk ke Quizizz dan membuat soal. Tentu saja mata - mata tua yang tak lelah belajar merasa takjub dengan begitu banyaknya media pembelejaran yang sudah disediakan untuk masa PJJ ini. Ayo para guru jadi masa PJJ ini adalah merdeka belajar, baik untuk kita para guru dan siswa.

Saya sebagai peserta, mengambil kesempatan  untuk bertanya. Seperti yang kita ketahui banyak media yang disediakan untuk PJJ ini, apa yang menjadi kelebihan dari Quizizz yang menjadi pertanyaan saya. Menurut infomasi dari nara sumber dengan menggunkan Quizizz paket yang diterima dari pemerintah bisa digunakan untul mengaksesnya. 

Waktu yang tidak memadai membuat kami para peserta merasa kurang puas, tapi untuk menutupi ketidak puasaan kami Bapak Fahrul Rozi mengajak kami bermain quis, akhirnya seperti siswa tawa puas dapat  menjawab pertanyaan quis yang diberikan membuat kami para peserta meminta kepada nara sumber untuk membuat bimbingan teknis bukan hanya seminar saja. 
 
Semoga seminar hari ini memberikan pencerahan bagi kami semua para peserta, berbagi itu indah. Belajar adalah harga mati untuk guru, ayo guru Indonesia selagi bisa berkarya mari berkarya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. (AZ) 



1 komentar:

  1. Mantul dan keren bu cerita yg sangat memotivasi utk kita semua bu. Dari Pak Fahrul

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam Cinta

Bel panjang berbunyi, aku bergegas melangkah menuju parkiran terlambat sedikit saja pasti banyak ruginya. "Assalamualaikum." Gema ...