Jumat, 16 Oktober 2020

Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar

 

Tempat                            : Labor Fisika

Tanggal                           : 15 Oktober 2020

Nara Sumber                  : Sainal, S.Pd

Pembawa Acara              : Dra. Desharay Nazri

Pembaca Doa                  : H. Harisoan, M.MPd

Acara di mulai tepat pukul 09.00 Wib oleh pembawa acara di lanjutkan dengan kata pengarahan sekaligus membuka sosialisasi hari ini. Kepala sekolah berharap kami semua selalu terus aktif dalam memantau pembelajaran PJJ bukan berarti tidak tatap muka kita tidak memproses anak – anak yang tidak absen di pembelajaran. Setelah memberikan pengarahan dengan mengucapkan basmallah kepala sekolah membuka sosialisasi hari ini.

Untuk kelancaran acara ini pembawa acara meminta kepada Bapak H. Harison, M.MPd untuk membacakan doa. Acara pokok hari ini langsung diserahkan kepada Nara Sumber yang berasal dari sekolah kami sendiri Bapak Sainal, MPd yang merupakan duta Rumah Belajar untuk Kepri.

Materi pembuka i nara sumber adalah Portal Rumah Belajar, sosialisasi ini adalah lanjutan dari sosialisasi sebelumnya. Sumber belajar semua isinya merupakan milik KEMENDIKBUD. Untuk link sumber.belajar.kemendikbud.go.id. Kami diingatkan kembali oleh nara sumber untuk bagaimana cara memasukkan sumber belajar ke rumah belajar.

Nara sumber juga memperlihatkan web yang sudah dibuat olehnya, untuk web yang dibuat oleh nara sumber menggunakan powerpoint yang sudah dibuat seperti video. Informasi selanjutkan nara sumber memberi cara menggunakan kelas maya. Semua guru bisa membuat modul, tugas, dan membuat kuis.

Untuk modul menurut nara sumber kita bisa mengambil yang sudah di sediakan oleh kelas maya atau bisa kita buat sendiri. Sementera untuk tugas, nara sumber mempraktekkan cara memasukkan dan memberikan nilai kepada tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa.

Selanjutnya kami belajar untuk login ke Rumah Belajar, dengan menggunakan email dan password yang sudah kami buat.  Semua guru antusias mengikuti langkah – langkah untuk membuat materi di kelas digital, ada yang langsung berhasil memasukkannya ada yang sudah berkali – kali masih gagal. Inilah seni dari belajar gaya orang tua kata guru senior di sekolah saya. Belajar harga mati untuk guru, semua harus terus belajar apalagi dalam PJJ ini carilah media belajar yang menyenangkan bagi guru dan peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...