Selasa, 08 September 2020

Seri Ekonomi Untuk Diri (Produksi Itu Esensi!)

 

Sebelumnya kita sudah membahas masalah ekonomi klasik yaitu Konsumsi. Hari ini kita akan membahas masalah klasik ekonomi Produksi. Produksi dalam masalah ekonomi klasik adalah kegiatan menghasillkan suatu barang/jasa. Ada beberapa tujuaan dari produksi, antara lain :

  • Menghasilkan barang/jasa 
  • Memperbanyak keuntungan barang/jasa 
  • Meningkatkan nilai guna suatu barang/jasa

Dari uraian diatas, sebagai seorang guru kita harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin merupakan contoh dari kegiatan produksi yang kita lakukan sehari - hari.

Apalagi pada masa pandemic covid seperti sekarang ini, waktu yang seharusnya kita gunakan untuk tatap muka dengan siswa dengan berbagai kegiatan mulai dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah dan mengkomunikasikan mungkin tidak dapat kita lakukan seperti mana pada waktu tatap muka. Bukan berarti kita mengurangi produksi kerja kita karena tidak tatap muka. Kita mengerti produksi itu hal esensi dalam hidup kita. Itu hal penting.

Dengan tidak adanya tatap muka, bukan berarti produksi kita menjadi lebih sedikit, apa lagi sampai nol. Bagaimana cara kita menambah produksi kita dengan cara mempelajari berbagai aplikasi yang memudahkan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) itulah sehrusnya yang diusahakan. Dimana aplikasi ini mungkin pada masa tatap muka jarang atau tidak pernah kita pakai, dengan adanya pademic ini kita mempelajarinya sehingga produksi kita sebagai seorang pendidik bertambah.

Selalu meng-upgrade diri dengan menambah ilmu pengetahuan selama masa COvid -19 merupakan cara produksi yang baik sebagai seorang guru dan pendidik. Mari kita berproduksi selama masa pandemic untuk meningkatkan mutu kita sebagai pendidik. Perinsip berproduksi itu wajib hendaknya kita buktikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Membuka Minda dengan Mengikuti Sinkronisasi Pemetaan Pendidik

 Undangan dari chat WA dari Ka. TU Ibu Melda Ponggoh untuk mengikuti sinkronisasi Perhitungan dan Pemetaan Pendidik pada Jenjang Menengah da...