Rabu, 03 Februari 2021

Catatan Penting Hari Ini Bersama PGRI

Hari Rabu, 03 Februari 2021 di Aula SMP Negeri 1 Karimun. Bukannya Peringatan yang tertunda, tapi ini merupakan penyesuaian dari masa pandamic, dan kami, saya khususnya sangat berterima kasih setelah Peringatan Hari PGRI Kabupaten pada bulan November 2020 Mendapatkan penghargaan sebagai guru penulis. Sekali lagi saya mendapatkan penghargaan diberikan oleh Pengurus Cabang Kecamatan Karimun.

Sebagai guru, tentunya sudah menjadi kewajiban untuk datang sebelum acara dimulai. Pada undangan tertera acara dimulai pada pukul 08.30. Setelah berangkat dari rumah menuju sekolah karena masih ada waktu sekitar 45 menit saya melaksanakan tugas sebagai guru baru menghadiri undangan dengan mendapatkan izin dari pihak sekolah.

bersama Ibu Eva Rina, SPd saya beranngkat menuju SMPN 1 Karimun, pukul 08.25. Saya dan ibu Eva Rina, Spd sudah sampai ditempat acara diselengarakan. Beberapa undangan juga sudah hadir, duduk di tempat yang sudah di tempeli label nama kami sesuai dengan protokol kesehatan, menunggu acara di mulai. Kami dariSMA Negeri 2 Karimun yang mendapatkan penghargaan sebagai guru penulis adalah saya sendiri Hj. SITI NURBAYA AZ, SE, EVA RINA, SP.d, RIANA NENCI W, SP.d dan SAINAL, MPd

"Selamat datang kami ucapkan kepada Pengurus PGRI Provinsi Kepri, Ketua PGRI Karimun. Ketua PGRI Kecamatan Karimun beserta undangan lainnya. " Suara MC sudah terdengar merdu. Sebagai MC  Ibu MIla Suryani, SPd. AUD memulai acara kami pada pukul 08.45

Sudah menjadi tradisi orang melayu, setiap acara selalu ada pantunnya, MC membacakan pantun setelah mengucapkan selamat datang kepada para Tamu

Pergi Undangan kampong seberang, Singgah membeli buah berangan, kami ucapkan selamat datang, Semoga kita selalu dalam lindungan. 

Melati kuntum tumbuh melata, Sayang merbah di pohon cemara, saya sembah pembuka bicara, Bismillahirrohmaanirrohiim

Acara selanjutkan MC mempersilakan bapak Abdul Salam, P.Pd.I untuk memandu doa semoga acara hari ini berjalan lancar dalam lindungannya.

Bukan Rumput sembarang rumput, Rumput penghias tepi halaman, Bukan jemput sebarang jemput, jemput memohon kata aluan.

Pantun di atas untuk mempersilakan oleh kata sambutan ketua PGRI Kecamatan Karimun, Bapak Pujo Suryono, S.Pd. SD. Ada beberapah hal yang disampaikan oleh ketua PGRI Kecamatan Karimun, hal yang saya garis bawahi, Organisasi PGRI merupakan wadah silaturahmi sesama guru dan juga memperjuangkan nasib guru, semua itu tidak lepas dari hak dan kewajiban sebagai anggotanya. 

Setelah mendengarkan kata sambutan dari ketua cabang PGRI Karimun, kami disuguhi pembacaan puisi dari salah seorang siswi  SMPN 1 karimun yang baru saja mendapatkan juara dalam perlombaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun.

Salam Perpisahan 

Ciptaan Nasywa Dwi Rosarizan

aku tahu

Kata - kata ini tidak lah lebih

Berharga dari mutiara di laut sana

Kata - kata ini tidaklah seindah 

Bintang yang menghiasi langit malam

Namun, lewat kata - kata ini

Aku ingin berterima kasih dan meminta maaf

Aku tahu

sebanyak apapun terima kasihku

Tak mungkin dapat membalas kesetianmu dalam mengabdi

Kesabaunranmu dalam mengajar dan,

Keikhlasanmu dalam mendidik

Serta maafkanlah segala sengaja dan ketidaksengajaan

Sikap dan perilaku yang tidak sesuai harapanmu

Yang sering membuatmu marah dan kecewa

Kini....

Puisi yang menyentuh hati bagi yang mendengarkannya, apalagi acara memperingati hari PGRI disejalankan dengan penyerahan kenang - kenangan untuk pensiun guru di kecamatan Karimun.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan bagi guru - guru yang menulis dan menerbitkan buku ber ISBN satu persatu nama penulis di panggil. Rasa bangga tentunya sangat saya dan kawan - kawan guru rasakan, ternyata jerih payah kami menulis mendapatkan Apresiasi dari PGRI. Buat saya pribadi menulis mungkin bukan hal yang mudah, tapi berusaha menulis dan akhirnya saya sudah memiliki 3 buku solo dan 3 buku antologi membuat saya sangat berterima kasih kepada MGI dan PGRI. 

Tetaplah menulis sehingga menulis menjadi sebagai dari kita pengerak literasi, sekali lagi terima kasih PGRI atas piagam penghargaannya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam (Duka) Cinta

  Adik Abah yang dulu tinggal bersama kami sudah lebih sepuluh tahun merantau sejak menamatkan sekolah menegah atas hari ini duduk di ruang ...