Minggu, 23 Agustus 2020

Ahad Vs Minggu

Minggu dan Ahad adakah sama? Tentu kita yang bisa menjawabnya. Menyimak tentu menjadikan bacaan ini akan lebih terasa manfaatnya. silakan membaca.Tak terasa cucu sudah masuk SD IT Darul Mukmin di Karimun, semenjak dari TK selalu bertanya kepada neneknya mengapa hari Minggu yang sudah familiar di ingatannya dan diucapkannya sedari kecil sekarang harus diganti menyebutnya dengan hari Ahad? Sebelum ini tidak pernah memperdulikan apa yang menjadi pertanyaan cucu pertama saya ini. dengan santai menjawab hari Ahad itu hari dalam bahasa arab. Ya sudah hanya segitu saja saya menjawabnya.

Akhirnya teringat dengan kata pepatah belajar sedari kecil ibarat menulis diatas batu, sedangkan belajar sesudah dewasa ibarat menulis diatas air. Mulailah kita sebagai orang tua membiasakan menggunakan Bahasa Arab, misalnya sehingga anak cucu kita lebih mudah mempelajari Bahasa Arab. Kok Bahasa Arab, karena bahasa agama (Islam) itu adalah Bahasa Arab. Mengapa tidak mengajarkan bahasa arab sedari kecil seperti kita mengajarkan bahasa Inggris kepada anak cucu kita. Kedua bahasa ini merupakan bahasa yang sekarang ini menjadi pemakaian dalam kehidupan sehari - hari. 

Secara harafiah tidak ada bedanya, arti dari hari Minggu dan hari Ahad. Hanya saja untuk lebih mengenalkan hari dalam Islam, mungkin tidak salah jika kita sebagai orang muslim/muslimah mulai saja membiasakan menyebut kata Ahad untuk hari Minggu kepada anak cucu kita di rumah. Apalagi jika anak – anak kita bersekolah pada sekolah Islam, sehingga ini akan lebih memudahkan mereka untuk menghafal nama – nama hari dalam Islam.

Sepertinya sepele tapi ini sebenarnya sangat penting, dari hari – hari dalam satu pekanlah kita coba memberikan pelajaran dalam bahasa arab, sehingga akan memudahkan memberikan pelajaran bahasa arab yang lainya kepada anak cucu kita. 

Mulai sekarang mari kita ajarkan dulu kepada anak cucu kita nama hari – hari dalam sepekan sehingga mereka familiar dengan Bahasa Arab. 

1) Isnin = Senin
2) Selasa = Selasa
3) Arba = Rabu
4) Khamis = Kamis
5) Juma’at = Jumat
6) Sabtu = Sabtu
7) Ahad = Minggu

Setelah itu mulailah kita mengajarkan Bahasa Arab untuk semua alat rumah yang sering mereka gunakan, ini adalah cara yang paling mudah untuk memfamiliarkan Bahasa Arab. Termasuk, tentunya bahasa Asing lain yang ingin kita ajarkan kepada anak cucu kita. 

Selamat mencoba untuk mempraktikkan mudah berbahasa Arab kepada keluarga, karena sekarang yang beragama Islam pasti akan mengunjungi Negara Arab sebagai distinasi darmawisata ataupun untuk beribadah, haji dan umroh. Sangat bermanfaat, mari mencobanya.(AZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam Cinta

Bel panjang berbunyi, aku bergegas melangkah menuju parkiran terlambat sedikit saja pasti banyak ruginya. "Assalamualaikum." Gema ...