Sabtu, 08 Agustus 2020

Jenuh, Memotivasi Diri Apakah Penting?

Pagi ini terasa jenuh? Tapi harus melakukan sesuatu, akhirnya kata motivasi yang teringat. Bagaimana menurut anda?

Bukan sesuatu hal yang baru jika tiba – tiba anda merasa jenuh dengan kegiatan sehari – hari yang anda laku. Seperti hari ini, mungkin karena sudah berhari – hari melakukan hal yang sama sehingga rasa jenuh itu terasa, belum lagi di tunjang dengan keadaan sekeliling yang monoton.

Jika keadaan sudah seperti ini, pasti apapun yang dikerjakan tidak akan terasa nikmat. Kata seorang penulis, untuk menghilangka rasa bosan tulislah apa saja jangan pikirkan apakah tulisan itu akan dibaca orang atau hanya sang penulis saja yang membacanya Kata seorang pekerja, bekerjalah dengan sungguh – sungguh pasti akan ada hasilnya. Kata seorang penghayal, cukup berkhayal maka semuanya akan terasa indah. Sedangkan kata seorang pemalas, biarkan saja pasti nanti akan ada yang mengerjakan.

Jika terasa jenuh dengan suatu keadaan, pastikan keadaan itu tidak membuat hari – hari anda jadi tidak bermanfaat. Coba bayangkan jika kejenuhan terus berlanjut pasti waktu anda akan terbuang, sedangkan waktu adalah hal yang paling berharga dan tidak akan pernah kembali jika ia sudah berlalu.

Jenuh adalah keadaan dimana seseorang merasa jemu/bosan dengan pekerjaan yang mungkin menurutnya tidak menantang atau dalam pekerjaan sudah tidak ada lagi control dari pihak yang seharusnya menjadi pemotivasi.

Lakukan pekerjaan dengan hati, jadikan diri anda sebagai pemotivasi dari setiap kerja yang anda lakukan. Jangan harapkan motivasi dari luar, kadang – kadang hal itu malah membuat anda bertambah bosan dengan apa yang sedang anda lakukan. Jangan biarkan lingkungan yang tidak sehat membuat anda terpengaruh.

Beberapa tip yang mungkin bisa membuat anda jadi termotivasi dan menghilangkan jenuh anda :

1)        Bersemgat dalam menghadapi hari

2)        Jangan pikirkan bahwa pekerjaan adalah beban

3)        Selalu memikirkan hal – hal baik dari pekerjaan anda

4)        Biarkan orang bekerja dengan caranya, tapi anda bekerja karena Lillahi.  

5)        Jika ada keraguan bertanyalah pada orang yang berkepentingan jika tidak terjawab jangan marah

6)        Ingat atasan bukanlah orang yang membuat prestasi anda baik

7)        Berprestasilah untuk membuat diri anda bangga

8)        Selalu mengerjakan hal – hal positif buat lingkungan anda, jangan harap balasan atas apapun yang anda lakukan.

9)        Buatlah hidup anda bahagai dengan pekerjaan anda

10)  Ingatlah pekerjaan anda adalah ibadah yang akan anda pertanggungjawabkan di kemudian hari sehingga anda akan mawas diri dalam melakukan pekerjaan.

Jenuh/jemu/bosan adalah cara mematikan kreatifitas, seorang guru yang mati kreatifitasnya maka siswanya tidak bisa berprestasi. Ingat guru adalah sosok yang digugu dan ditiru. Selamat beraktivitas untuk hari ini, nikmati hidup dengan ikhlas bekerja.(AZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam Cinta

Bel panjang berbunyi, aku bergegas melangkah menuju parkiran terlambat sedikit saja pasti banyak ruginya. "Assalamualaikum." Gema ...