Kamis, 06 Agustus 2020

Guru Terus Berguru


Guru terus berguru apakah perlu? pertanyaan ini harus menjadi perhatian bagi semua yang bergelar guru, kejadian pada hari Rabu/Tanggal 05 Agustus 2020 di sekolahku menjadi satu pertanyaan bagi saya. Dengan kondisi pandemic Covid - 19 yang masih marak, sangat berdampak pada kami guru yang harus mengajar jarak jauh.

Dengan kondisi seperti sekarang ini, mau tidak mau sebagai guru harus mencari cara pembelajaran yang mudahkan bagi guru dan siswa bagi memperlancar proses belajar mengajar. Satu bulan dengan pembelajaran daring pada awal Covid - 19 masih banyak yang menggunakan jasa orang lain untuk membelajaran daring. Tapi hal ini tidak mungkin berlanjut, jika Covid - 19 ini belum berakhir, maka pembelajaran daring juga akan berlanjut.

walaupun masih banyak terdengar kontra dan pro dalam pembelajaran daring, sebagai seorang guru kita harus mau terus belajar, belajar adalah harga mati untuk seorang guru, tidak ada kata tidak bisa untuk seorang guru.

kemajuan teknologi juga harus kita ikuti, bukan berarti semakin bertambah ilmu kita mengatakan tidak pada kemajuan teknologi. Apalagi untuk seorang guru, kemajuan teknologi sudah merambah dunia pendidikan, jangan sebagai guru kita masih saja mengajar dengan menggunakan kapur dan papan tulis saja. belajarlah dengan menggunakan kemudahan - kemudahan yang diberikan oleh dunia IT untuk guru. 


kejadian hari ini, disekolah membuat saya prihatin. Masih ada teman guru yang masih gaptek dalam menggunakan aplikasi yang menunjang pembelajaran. Padahal diawal tahun baru sudah di adakan IHT oleh pihak sekolah, dan sudah diingatkan untuk memilih salah satu aplikasi saja, yang penting penggunaannya secara optimak sehingga tidak merugikan guru dan siswa.

Beberapa aplikasi yang diberikan dalam IHT oleh pihak sekolah, mungkin mudah untuk guru - guru muda. Tapi kita harus ingat dalam pembelajaran jarak jauh saat tidak mungkin untuk setiap kali masuk mengajar secara daring kita mengharapkan mereka untuk memasukkannya. 

Kenyataan yang tidak bisa dihindari, belum lagi faktor alam yang nanti akan menganggu proses belajar mengajar, maka dari itu sebagai guru kita harus terus berguru untuk meningkatkan kompetensi diri sehingga bisa digugu dan ditiru, ayo semangat guru - guru senior di sekolahku. Kita harus mau maju semaju dunia pendidikan saat ini, karena keberadaan guru tidak bisa di gantikan oleh apapun, kemajuan teknologi adalah salah satu cara penunjang tapi tetap kita yang menjadikan materi di dalamnya.

Jangan mau kalah dengan teknologi, teknolog hanya mempermudah kita dalam mengajar tapi kita guru adalah jiwa dalam pembelajaran. Silakan berkreasi dalam pembelajaran daring, hebat buat kita semua guru. (AZ)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam Cinta

Bel panjang berbunyi, aku bergegas melangkah menuju parkiran terlambat sedikit saja pasti banyak ruginya. "Assalamualaikum." Gema ...