Jumat, 14 Agustus 2020

Memburu Yang Diburu

Minggu Kedua bulan Agustus, tepatnya  Jumat/ 14 Agustus 2020 hari terakhir pembelajaran . Untuk mengefektifkan proses pembelajaran sebagai walikelas saya mulai bertanya kepada guru - guru yang masuk di kelas saya untuk kehadiran siswa secara daring. Tidak kemungkinan masih ada saja siswa yang mengangaap absen kehadirian bisa diluar jam belajar yang sudah ditentukan.

Di awal pembelajaran sudah diingatkan kepada semua siswa lewat whatsapp grup kelas, bahwa kehadiran untuk absen kelas dimulai jam 07.45 dan berakhir jam 08.15. Sementara untuk absen guru mata pelajaran di sesuaikan dengan jam guru yang masuk kelas. Dan informasi ini akan langsung diinfokan oleh guru yang bersangkutan.

Proses belajar pada bulan Juli selama dua minggu masih banyak siswa saya XII IPS 3 yang absen kehadiranya tidak sesuai dengan jam yang sudah ditentukan. Pada awal Agustus sudah diproses dengan cara menelepon, jika sudah dua kali ditelephone tidak diangkat maka saya akan membuat surat pemanggilan dengan memanfaatkan salah seorang siswa yang tahu alamat siswa untuk mengantar surat pemanggilan tersebut. Memang bereziko meminta siswa untuk mengantarkan surat, tapi mau bagaimana lagi karena saya baru mengenal anak ini dan belum familiar dengan rumah siswa - siswa saya.

Untuk mempermudah kerja walikelas saya tidak mau menunda - nunda untuk merekap kehadirian siswa - siswa yang berada di kelas yang saya asuh. setiap dua minggu saya usahakan untuk merekap kehadiran mereka dari guru mata pelajaran. dan benar saja setelah diingatkan pada awal tahun pembelajaran masih ada juga yang pada minggu kedua Agustus ini absen diluar jam pelajaran yang sudah ditentukan.

Harus terus diburu, matikan semua peluang bagi siswa yang menganggap belajar daring bisa sesukanya. Dalam pembelajaran daring disiplin harus ditanamkan, tidak alasan tertidur seperti beberapa siswa yang sudah saya panggil. Terus memburu siswa yang menganggap pembelajaran daring sepele dalam disiplin waktu. (AZ)  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Gapai Cita dalam Cinta

Bel panjang berbunyi, aku bergegas melangkah menuju parkiran terlambat sedikit saja pasti banyak ruginya. "Assalamualaikum." Gema ...