Jumat, 28 Agustus 2020

Pertemuan ke 8

Setelah kita mempelajari akun - akun yang berada pada persamaan dasar akuntansi. tentu kita berfikir jika makin besar perusahaan jasa yang dimiliki oleh seorang pengusaha maka persamaan dasar akuntansi yang mengambarkan sisi Aset (Kekayaan), Liabitilas (Utang) serta Ekuitas (Modal) tentu akan semakin banyak. Sehingga persamaan dasar akuntansi untuk mengambarkan posisi A = L + E ( H = U + M) akan semakin besar tentu akan memakan kertas yang banyak, jadi untuk menyederhanakan pembukuan perusahaan kita akan mempelajari yang namanya jurnal.

ada juga yang menyebutkan Jurnal adalah suatu catatan kronologis tentang transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu periode akuntansi.  Catatlah seluruh transaksi keuangan secara detail pada jurnal umum berdasarkan data-data yang dikumpulkan agar memudahkan Anda pada tahap-tahap selanjutnya.

Jurnal adalah menganalisis bukti transaksi - transaksi yang terjadi dalam perusahaan selama 1 priode akuntansi yang akan berpatokan kepada rumus jurnal sebagai berikut :

Nama Kelompok                    Bertambah                Berkurang

Harta                                       Debit                        Kredit

Utang                                      Kredit                       Debit

Modal                                     Kredit                       Debit

Pendapatan/Penghasilan         Kredit                       Debit

Beban/Biaya                           Debit                        Kredit              


Tentu siswa - siswi masih ingat dengan akun - akun yang berada pada kelompok harta, utang, modal, pendapatan, beban yang sudah kita pelajari beberapa minggu yang lalu.

Perhatikan video pembuatan jurnal di bawah ini, semoga mudah memahami membuat jurnal :


               

 Untuk latihan silakan membuat jurnal dengan menggunakan data pada pertemuan ke 6, transaksi yang dilakukan oleh Pak Samsul.               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Terkurung dalam Kelam

 Titik cahayaku t'lah hilang Kemanapun aku mencari tak kutemukan Aku sesak dalam gelapnya sekitar Semakin sesak semakin gelap kelam yang...