Selasa, 23 Juni 2020

Pertemuan ke - 1


Ilustrasi Konsep Dasar Akuntansi!
Pasti anak-anak pernah mengumpulkan uang untuk kegunaan yang mempunyai misi dan visi yang sama. coba perhatikan bagaimana cara pemegang uang memastikan semua anggotanya membayar. hal ini juga anak-anak tanyakan kepada ibu yang khususnya memegang keuangan dirumah. Apa yang dilakukan oleh pemegang uang dan ibu di rumah.

Yang Pasti baik Kawan yang memegang uang dan Ibu akan mencatat semua penerimaan dan pengeluaran bukan? Coba anak-anak fikirkan bagaimana jika kedua orang tadi tidak melakukan pencatatan. Apakah keduanya bisa memastikan berapa uang yang diterima dan digunakan untuk apa? Inilah yang dikenal dengan Akuntansi. Terus bagaimana dengan konsep dasar akuntansi! Konsep dasar Akuntansi adalah bagaimana kita mengenal sejarah, perkembangan serta pengertian akuntansi. 
Silakan literasi materi Konsep dasar akuntansi dari buku Ekonomi kelas XII Cempaka Putih. Setelah literasi silakan jawab tugas Individu dibawah ini :
  1. Indonesia menerapkan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia?
  2. Mengapa sistem Anglo Saxon lebih berkembang di dunia daripada sistem kontinental?
  3. IAI merupakan induk dari akuntansi di Indonesia, apa tujuan dibentuknya IAI?
  4. Mengapa kita memerlukan informasi akuntansi dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Mengapa dunia bisnis lebih memerlukan informasi untuk kelangsungan perusahaannya
Selamat bekerja, untuk jawabanya ibu tunggu pada pertemuan minggu. Selamat belajar mandiri dan sukses selalu. (AZ)


2 komentar:

  1. 1. Dalam proses akuntansi, seorang akuntan harus menjalankan sesuai standar yg berlaku, standar akuntansi keuangan (SAK) ADALAH metode dan format baku dlm pnyajian informasi laporan keuangan suatu kajian bisnis.

    2.karena pada sistem anglo Saxon lebih mengutamakan hukum kebiasaan,hukum yang berjalan dinamis sejalan dengan dinamika masyarakat pada saat berkembang zaman saat ini

    3.yaitu membimbing perkembangan akuntansi serta mempertinggi mutu pendidikan akuntan dan mempertinggi mutu pekerjaan akutan

    4.untuk mempermudah kegiatan usahanya, tanpa adanya akuntansi kegiatan ekonomi nantinya akan berjalan lambat baik di entitas perusahaan swasta atau pun di publik (pemerintah) maka nantinya perekonomian tdk menumbuh dgn baik

    5.untuk mempermudah perhitungan atau jumlah keluar masuk nya uang dalam perusahaan trsbt agar tdk terjadi kelebihan atau kekurangan dana dari uang yg masuk atau keluar

    BalasHapus
  2. Siti sarah sihombing (XII IPS³)

    1.
    Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah metode dan format baku dalam penyajian informasi laporan keuangan suatu kegiatan bisnis. Standar akuntansi di Indonesia sendiri berkembang menjadi 4 pilar yang disusun dengan mengikuti perkembangan dunia usaha seperti yang akan diulas oleh blog Jurnal by Mekari.

    2.Sistem Hukum Anglo Saxon adalah sistem hukum yang didasari oleh Yurispudensi.

    ▪Sistem Hukum Kontinental adalah Sistem hukum yang didasarkan dengan adanya ketentuan ketentuan hukum dikodifikasi.

    Sistem Hukum Anglo Saxon lebih berkembang di dunia dari pada Sistem Kontinental karena pada Sistem Anglo Saxon lebih mengutamakan hukum kebiasaan, hukum yang berjalan dinamis sejalan dengan dinamika masyarakat pada saat berkembangan zaman saat ini.

    3. -Membimbing perkembangan akuntansi serta
    -mempertinggi mutu pendidikan akuntan; dan
    -Mempertinggi mutu pekerjaan akuntan.

    4.untuk mempermudah kegiatan usahanya. Tanpa adanya akuntansi, kegiatan ekonomi nantinya akan berjalan lambat baik di entitas perusahaan swasta ataupun publik (pemerintah). Jika sudah demikian, maka nantinya perekonomian tidak akan tumbuh dengan baik.

    5. Karena akuntansi dpt menyediakan

    informasi keuangan yg dibutuhkan perusahaan sbg dasar pengambilan keputusan ke depannya. Seperti yg diketahui, produk akhir dari akuntasi adalah laporan keuangan, dimana dgn laporan keuangan tsb perusahaan dpt mengetahui hasil operasionalnya pada suatu periode (laba rugi), posisi perusahaan pada periode tertentu (neraca), modal akhir pada suatu periode, dan arus masuk kas pada suatu periode.

    BalasHapus

Postingan Terbaru

Pantun Sendiri

 Lama tak mengasah ilmu pantu, semoga berkenan untuk membacanya I. Dilarang keluar waktu magrib Saat magrib tidak boleh berdendang Dud...